Bank Soal PTK Terbaru Tahun 2016

26.  Tindakan perbaikan dilanjutkan ke Siklus 2 apabila Siklus 1 ....
   a.proses pelaksanaan tindakan 1 belum selesai dilakukan     b. sudah berhasil
   c.belum menunjukkan perbaikan    d. tidak memperlihatkan dampak yang signifikan    

27.  Hasil pengamatan yang dilakukan Pak Siswa di kelasnya berbentuk catatan-catatan tentang perilaku siswa dalam membaca sebuah teks di depan kelas. Hal ini dilakukan setelah Pak Siswo menjelaskan bagaimana cara membaca teks yang baik. Setiap anak diberi waktu 2 menit untuk membaca dan Pak Siswo mencatat perilaku siswa, seperti teknik membaca, sikap badan, ucapan/ejaan dan lain-lain. Data yang dikumpulkan Pak Siswo adalah data ....
   a. ordinal    b. kuantitatif     c. kualitatif    d. numerik 

28.Berikut adalah beberapa cara penyajian hasil analisis data hasil PTK, kecuali ....
 a.penyajian seluruh hasil pengukuran yang dilakukan selama penelitian   b.  grafik histogram
 c. narasi tentang perilaku siswa   d. matriks-matriks sesuai variabel-variabel yang digunakan     

29.Kesimpulan hasil PTK sebaiknya merupakan penjelasan-penjelasan yangdisusun sesuai dengan ....
a. urutan identifikasi masalah  b. pertanyaan penelitian  c. temuan penelitian d.hasil analisis data

30.Mengapa PTK harus dilakukan per daur? Untuk ....
   a.  mempertinggi akurasi  b.memperoleh hasil yang valid
c.memperoleh perbaikan yg optimal  d.  memperoleh presisi yg tinggi sesuai tujuan penelitian

31. Secara spesifik laporan PTK memuat tentang ....
a.temuan penelitian b.temuan penelitian c. rekomendasi  d. saran 2 perbaikan pembelajaran    

32.Judul PTK harus menggambarkan ....
a.  upaya perbaikan pembelajaran   b .  masalah pembelajaran   c. masalah pendidikan  d. perbaikan sistem persekolahan    

33.Sistematika PTK sebagaimana ditetapkan Ditjen DIKTI (2004) harus memuat abstrak penelitian. Berikutrambu-rambu penulisan abstrak penelitian, kecuali ....
a.difokuskan pada saripasi penelitian    b. menggambarkan aspek terpenting dari temuan penelitian  c. disajikan secararuntut, singkatdan padat   d. merupakan ringkasan penelitian      

34.Dalam menyusun laporan PTK, masalah penelitian ditulis/disajikan di bagian ....
a.  identifikasi masalah    b. perumusan masalah    c. pendahuluan  d.Kesimpulan      

35.Karena mau cepat selesai, pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke Daur 3, Pak Irsan sudah menghentikannya hanya sampai Daur 2. Ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. Sesuai etika penulisan laporan, Pak Irsan telah mengabaikan ....
a. estetika   b. logika   c. kejujuran   d.  ke-konsistenan (keajegan)      

36.Tulisan tentang sebuah topik biasanya disusun berdasarkan paragraf-paragraf. yang dimaksud dengan paragraf dalam laporan PTK adalah .....
akumpulan gagasan yang ditulis peneliti    b. ungkapan penulis yangmemiliki kesatuan ide dan pikiran    c. kumpulan kalimat kuranglebihsebanyak setengah halaman yangdimulai dengan barisbaru   d. buah pikiran parapakar yang dikutip penulis

37.Berikut adalah aspek dibahas dalam bab kajian pustaka. Salah satu hal yang tidak sesuai sebagai aspek kajian pustaka adalah ....
a.  teori-teori yang eleven   b. kerangka berpikir   c. metodologi   d. pertanyaan penelitian atau hipotesis    

38.Diseminasi laporan PTK dilakukan untuk tujuan ....
a. proses sosialisasi laporan ilmiah  b.  penyebarluasan hasil penelitian    c. publikasi temuan ilmiah   d.   dimanfaatkan orang banyak terutama guru    
39. Manfaat diseminasi laporan PTK bagi sekolah adalah ....
a.  dihasilkannya laporan ilmiah bagi sekolah   b. dihasilkannya metode perbaikan pembelajaran di kelas   c. meningkatnya kredibilitas sekolah   d.  meningkatnya intelektualitas staf guru     

40.  Karena mau cepat selesai maka pada saat penelitiannya masih harus dilanjutkan ke daur 3 pak yusril sudah menghentikannya sampai daur 2. ia kemudian menyusun laporan PTK dan melaporkan bahwa tindakan perbaikannya sudah menunjukkan hasil positif. sesuai keetika penulisan laporan pak Yusri telah mengabaikan unsur ....
a. estetika    b.  logika     c. kejujuran    d.   keajegan    

41.Dari hasil analisis masalah yang dilakukan di kelasnya, Pak Bambang melihat bahwa dalam 3 kali ulangan aritmatika yang diberikan, rata-rata hanya 2 orang dari 30 siswanya yangmendapatnilai di atas 60. Sebagian besarsiswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal tentang perkalian. Selain itu, pada setiap pelajaran matematika, suasana kelas menjadi tegang karena isiwa merasa matematika sebagai pelajaran maut alias sulit. Sehubungan dengan masalah tersebut, Pak Bambang kemudian merumuskan masalah pembelajaran sebagai berikut: "Metode apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat mengerjakan soal-soal tentang perkalian serta dalam suasana yang lebih rileks?". Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:
1.    Apakah pemberian tugas tugas atau PR akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa?
2.    Bagaimana bentuk materi tugas yang dapat membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran aritmatika?
3.    Apakah saya perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolah?
       
42. Salah satu prinsip observasi menurut Hopkins adalah perencanaan bersama. Perencanaan bersama yang bertujuan untuk membangun ....
(1) kesamaan persepsi antara guru dan teman sejawat
(2) membangun rasa saling percaya antar pihak-pihak yang terlibat
(3) membangun aturan main antar pihak-pihak yang terlibat
      
43.Dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran observasi, maka peneliti PTK hendaknya mengarahkan sasaran pokok dan fokus utama selama proses observasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
1.    apakah sudah terjadi perubahan di kelas saya?
2.    apakah tindakan perbaikan sudah berhasil?
3.    apakah dampak dari tindakan perbaikan yang sudah saya berikan?
       
44. Observasi yang dilakukan oleh pengamat luar (teman sejawat) dalam PTK difokuskan pada ..
1.    perilaku mengajar guru dalam melaksanakan tindakan perbaikan
2.    suasana dan perilaku belajar siswa selama berlangsung tindakan perbaikan
3.    intensitas catatan penelitian yang dibuat/ditulis oleh pengamat
       
45. Hasil analisis data dapat dijadikan bahan untuk ....
1.    membuat kesimpulan dan tindak lanjut penelitian
2.    melakukan refleksi untuk membuat perencanaan tindak lanjut
3.    mengidentifikasi temuan penelitian
       
46. Pengumpulan dalam PTK melalui cara observasi terutama ditujukan untuk ....
1.    memperoleh masukan tentang perilaku belajar siswa
2.    mempelajari dampak tindakan perbaikan yang diberikan
3.    mempelajari dokumen hasil belajar
47. Dalam tahapan pelaksanaan tindakan perbaikan di kelas, sebagai peneliti guru akan ....
1.    mengidentifikasi dampak tindakan perbaikan yang diberikan dengan mengamati perilaku siswa
2.    mengidentifikasi penyebab masalah pembelajaran melalui wawancara dengan siswa
3.    mengajar sebagaimana biasa sesuai jadwal belajar siswa
       
48. Refleksi pada dasarnya adalah .....
1.    mempertanyakan kepada diri sendiri mengapa masalah ini sampai terjadi dikelasnya
2.    merencanakan berbagai alternatif tindakan yang mungkin dapat dilakukan
3.    merenungkan dampak dari tindakan-tindakan yang sudah dilakukan selama ini
       
49.. Yang dimaksud dengan interpretasi hasil analisis data adalah ....
1.    menemukan makna dari hasil analisis datauntuk menjawab pertanyaan penelitian.
2.    menterjemahkan hasil analisis data dan menghubungkannya dengan masalah penelitian.
3.    mengolah data hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik.
       
50. Saran tindak lanjut hasil PTK adalah ....
1.    saran-saran perbaikan ditujukan untuk berbagai pihak
2.    alternatif perbaikan dibuat sesuai kesimpulan penelitian
3.    usulan perbaikan dapat dipertimbangkan melalui refleksi

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Bank Soal PTK Terbaru Tahun 2016"

Back To Top