PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN 2015/2016

PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN 2015/2016
1.    Indikator SKL    : Mengidentifikasi isi dan bagian suatu paragraf
Indikator Soal    :    Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf tersebut
Soal    :
Bacalah paragraf berikut!
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara menyurvei dua satwa endemik Sulawesi, yakni anoa dan burung maleo. Aktivitas itu dimaksudkan untuk mengetahui jumlah pasti populasi kedua hewan dilindungi tersebut. Survei menggunakan metode sampling di kawasan suaka margasatwa Tanjung Peropa dan Buton Utara.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A.    tujuan survei satwa endemik Sulawesi
B.    survei satwa endemik Sulawesi
C.    metode survei satwa endemik
D.    tempat survei satwa endemik
Kunci        : B
Pembahasan    :
Gagasan utama atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama. Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
Kata kunci: Di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara menyurvei dua satwa endemik Sulawesi, yakni anoa dan burung maleo.(menyurvei dua satwa Sulawesi). Kata yang merujuknya: Aktivitas itu .... (kalimat kedua);  Survei menggunakan …. (kalimat ketiga)
2.    Indikator SKL    : Menentukan persamaan isi berita
Indikator Soal    :    Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan persamaan isi berita tersebut
Soal    :
Bacalah kutipan berita berikut kemudian kerjakan soal nomor 2 dan 3!
Teks berita I
Sekitar 7.000 hektar hutan mangrove hancur di kawasan Laguna Segara Anakan, Kabupaten Cilacap, Jawa tengah. Kasus itu terjadi sejak tahun 1984 sehingga menghancurkan berbagai biota laut dan tempat pemijahan puluhan jenis ikan. Bahkan, kondisi tersebut ikut mengancam ekosistem perairan selatan Jawa dan kepunahan hutan mangrove.
Teks berita II
Warga pendatang dari Ciamis, Jawa Barat, membabati mangrove. Bahkan mereka menggarap tanah timbul menjadi areal pertanian. Penebangan liar juga dilakukan guna memanfaatkan kayu mangrove sebagai material bahan bangunan. Hal itu menyebabkan hutan  mangrove semakin terancam kepunahan.
Kesamaan informasi teks berita tersebut adalah ….
A.    upaya penyelamatan hutan mangrove
B.    pemanfaatan biota di hutan mangrove
C.    terancam punahnya hutan mangrove
D.    penanaman kembali hutan mangrove
Kunci        : C
Pembahasan    :
Informasi adalah keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita, kita harus menentukan informasi pokok dari setiap teks berita tersebut.
Kata-kata yang dirujuk:
Teks I: Kondisi tersebut ikut mengancam ekosistem perairan selatan Jawa dan kepunahan hutan mangrove.
Teks II: Hal itu menyebabkan hutan  mangrove semakin terancam kepunahan.
3.    Indikator SKL    : Menentukan perbedaan penyajian berita
Indikator Soal    : menentukan perbedaan penyajian berita tersebut
Soal    :
Perbedaan penyajian kedua kutipan berita tersebut adalah …
A.    Teks berita I diawali dengan apa, sedangkan berita II diawali dengan di mana
B.    Teks berita I diawali dengan apa, sedangkan berita II diawali dengan siapa
C.    Teks berita I diawali dengan kapan, sedangkan berita II diawali dengan siapa
D.    Teks berita I diawali dengan kapan, sedangkan berita II diawali dengan apa
Kunci        : B
Pembahasan    :
Unsur-unsur berita biasanya berpola 5 W + 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Bukan berarti bahwa penulisan berita harus mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam penyajiannya , seorang penulis berita dapat memvariasikannya. Bahkan kadang-kadang unsur-unsur tersebut tidak lengkap dalam sebuah berita.
Teks berita I: Peristiwa apa? Sekitar 7.000 hutan mangrove hancur
Teks berita II: Siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut? Warga pendatang dari Ciamis
4.    Indikator SKL    : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal    :    Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan keistimewaan tokoh
Soal    :
Bacalah paragraf berikut dengan saksama kemudian kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
Riana Helmi dalam usianya yang belum genap 18 tahun, tepatnya 17 tahun 11 bulan, dianggap dokter termuda di Indonesia. Remaja kelahiran Banda Aceh itu diwisuda sebagai dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Riana menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga tahun enam bulan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sangat memuaskan, yaitu 3,67 dan dengan waktu kuliah tercepat dibandingkan  mahasiswa kedokteran di mana pun. Meskipun begitu, ia tetap gadis yang rendah hati, ramah, dan tidak sombong dengan prestasi yang diraihnya.
Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi  biografi tersebut adalah ….
A.    Lulus dokter sebelum usia 18 tahun
B.    Menjadi mahasiswa kedokteran di UGM
C.    Remaja Banda Aceh kuliah di kedokteran
D.    Remaja kelahiran Banda Aceh diwisuda
Kunci        : A
Pembahasan    :
Keistimewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan  tidak semua orang memilikinya.  Dalam hal ini, Riana Helmi lulus menjadi dokter sebelum usia 18 tahun.

5.    Indikator SKL    : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal    :    Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan sifat tokoh yang dapat diteladani

Soal    :
Sifat yang baik untuk diteladani pada tokoh tersebut adalah ….
A.    tinggi hati dan ramah
B.    rendah hati dan ramah
C.    sombong dan rendah hati
D.    tinggi hati dan sombong

Kunci        : B
Pembahasan    :
Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru.
Di antara empat pilihan, hanya pilihan (B) yang merupakan teladan dan patut dicontoh.


6.    Indikator SKL    : Menentukan kalimat fakta/opini dalam iklan
Indikator Soal    :    Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan kalimat                          fakta/opini

Soal    :
Perhatikan iklan berikut!

1)    Bahasa Inggris itu MUDAH dan MURAH
2)    Hanya 500 ribu sampai bisa
3)    Tersedia tiga level
4)    Untuk semua level, gratis pengulangan
5)    Lokasi di Jalan Pantai Indah Tanjung Pinang

Kalimat opini  pada iklan tersebut ditandai nomor ….
A.    1 dan 2
B.    2 dan 4
C.    3 dan 4
D.    3 dan 5

Kunci        : A
Pembahasan    :
Pendapat=opini adalah pikiran atau anggapan seseorang terhadap sesuatu. Orang yang satu dengan yang lain dapat berbeda pendapat bergantung pada pandangan, pendirian, atau penilaiannya. Data pendukung kata mudah dan murah pada kalimat  Bahasa Inggris itu MUDAH dan MURAH dan kata hanya pada kalimat Hanya 500 ribu sampai bisa.

7.    Indikator SKL    : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal    :    Disajikan sebuah iklan siswa dapat menentukan maksud salah satu kalimat dalam iklan tersebut.

Soal    :

Hati-hati berkendaraan. Patuhi aturan nyaman di jalan. Kesadaran kita keselamatan semua. Begitulah harapan warga kota.
Maksud kalimat kedua pada iklan tersebut adalah …
A.    Seharusnya kita sadar akan aturan lalu lintas sehingga harapan warga terpenuhi.
B.    Kalau kita menaati aturan lalu lintas, akan selamatlah warga kota.
C.    Seharusnya semua orang menaati aturan lalu lintas agar selamat.
D.    Kalau kita mematuhi aturan lalu lintas, di jalan akan nyaman.

Kunci        : D
Pembahasan    :
Penjelasan teks iklan tersebut dapat diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut. Makna kalimat kedua tersebut adalah D.
8.    Indikator SKL    : Menyimpulkan isi paragraf
Indikator Soal    :    Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan isi paragraf tersebut

Soal    :

Sepeda memiliki magnet bagi banyak orang. Bukan hanya anak-anak yang menggemari sepeda, para remaja, orang dewasa usia produktif hingga orang-orang yang sudah beranjak tua senang bersepeda. Bahkan, kini sepeda sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah …
A.    Sepeda dapat dijumpai di mana pun.
B.    Sepeda sebagai alat transportasi modern.
C.    Sepeda bermanfaat bagi kesehatan masyarakat
D.    Sepeda digemari oleh berbagai lapisan masyarakat.

Kunci        : D
Pembahasan    :
Simpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.
Bukti data: Sepeda memiliki magnet bagi banyak orang. (kalimat pertama); … anak-anak .., para remaja, orang dewasa … orang-orang yang beranjak tua senang bersepeda (kalimat kedua); sepeda menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan (kalimat ketiga)
9.    Indikator SKL    : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal    :    Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan pernyataan sesuai isi grafik tersebut.

Soal    :
Cermati grafik  pertumbuhan ekonomi dan pengangguran di Indonesia berikut!

Penjelasan  yang tepat berdasarkan grafik tersebut adalah ...
A.    Angka pengangguran paling banyak terjadi pada tahun 2004
B.    Tingkat pertumbuhan ekonomi pada tahun 2003 dan 2005 sebanding,
C.    Tahun 1997 pertumbuhan ekonomi dan jumlah pengangguran seimbang.
D.    Pertumbuhan ekonomi sebanding dengan angka pengangguran tahun 1999.

Kunci        : B
Pembahasan    :
Menurut grafik batang tersebut, pada tahun 2003 tingkat pertumbuhan ekonomi sebanding dengan  2005.

10.    Indikator SKL    : Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal    :    Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan simpulan isi             tabel tersebut

Soal    :
Perhatikan tabel berikut!
Jumlah buku di Perpustakaan Gemar

No.    Jenis    Judul    Eksemplar
1    Cerita anak-anak    42    134
2    Novel remaja    38      80
3    Roman    19      42
4    Dongeng    64      70
Jumlah         163    326

Simpulan isi tabel tersebut adalah …
A.    Buku cerita anak-anak terbanyak judulnya.
B.    Novel remaja setiap judul berjumlah 80 buku.
C.    Jumlah terbanyak adalah buku cerita anak-anak.
D.    Jumlah jenis semua buku lebih banyak daripada jumlah judulnya.

Kunci        : D
Pembahasan    :
Simpulan yang sesuai dengan keadaan tabel tersebut bahwa jumlah jenis semua buku lebih banyak daripada jumlah judulnya. Pilihan A dan C hanya mengemukakan sebagian dari tabel tersebut (buku cerita anak), sedangkan pilihan D bersifat penafsiran yang belum tentu kebenarannya.


Kunci        : C
Pembahasan    :
Menurut bagan tersebut kedudukan sekretaris sama dengan bendahara.


Kunci        : A
Pembahasan    :
Rute paling efektif adalah rute terdekat berdasarkan denah dengan melalui Jalan Mars ke barat ke Jalan Matahari lalu ke selatan ke Jalan Merkurius.

13.    Indikator SKL    : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator Soal    :    Disajikan sebuah puisi, siswa dapat :
- menentukan tema puisi tersebut.       
Soal    :
Bacalah puisi berikut kemudian jawablah soal nomor 13 dan 14!

Gempa Bumi
Bumi bergoyang tanah bergetar
Rumah-rumah roboh
Orang-orang berlarian
    Gempa bumi
    Bila datang harus waspada
    Bila ada harus siaga
    Larilah keluar rumah
Gempa bumi
Tak dapat dihindari
Berdoalah kepada Tuhan
Agar  engkau dilindungi
Tema kutipan puisi tersebut adalah ….
A.    korban bencana alam
B.    lokasi bencana alam
C.    waspada gempa bumi
D.    pertanda datang bencana

Kunci        : C
Pembahasan    :
Data pendukung:  bila datang harus waspada; bila ada harus siaga; larilah keluar

14.    Indikator SKL    : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator Soal    : menentukan larik bermajas pada puisi tersebut
                         
Soal    :
Larik bermajas pada kutipan puisi tersebut terdapat pada larik ….
A.    pertama bait pertama
B.    kedua bait pertama
C.    keempat bait kedua
D.    ketiga bait ketiga

Kunci        : A
Pembahasan    :
Data pendukung: bumi bergoyang tanah bergetar. Larik ini menggunakan majas personifikasi.


15.    Indikator SKL    : Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator Soal    :    Disajikan dua kutipan puisi siswa dapat menentukan perbedaan
                              pesan kedua puisi tersebut.

Soal    :
Bacalah kedua kutipan puisi berikut!

Puisi 1    Puisi 2
Terima kasih Tuhan
untuk burung yang berkicauan di pohon
memuji kebesaran-Mu
untuk bunga yang merekah
dan  untuk embun yang bersinar di atasnya untuk matahari yang cerah
udara yang sejuk
untuk semua karunia-Mu
terlalu indah bagi umat-Mu
Terima kasih Tuhan untuk kehidupan ini    Jangankan biarkan limbah mengalir
ke sungaiku yang jernih
ke pantaiku yang tenang
ke lautku yang riang
di sana ada dermaga dan angin
tempat nelayan menggenggam harapan
tempat camar sebelum pulang
 jangan biarkan limbah merusak semuanya

Perbedaan pesan kedua puisi tersebut adalah ….

    Puisi 1    Puisi 2
A    Mari, kita tingkatkan kepedulian!    Ajakan bersyukur kepada Tuhan YME
B    Ajakan bersyukur kepada Tuhan YME    Harapan menjaga kelestarian lingkungan
C    Harapan menjaga kelestarian alam    Mari, kita tingkatkan kepedulian kepada sesama!
D    Jangan menyia-nyiakan kesempatan!    Isi waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat!

Kunci        : B
Pembahasan    :
Data pendukung: dicantumkannya alasan mengapa kita harus bersyukur kepada Tuhan dan jangan biarkan limbah merusak semuanya.

16.    Indikator SKL    : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal    : Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat:
•    menentukan latar (waktu, tempat, suasana) cerpen tersebut.
   
Soal    :

(1)“Aku tak ingin kehilangan sahabat, Airin. Banyak yang menghentikan surat mereka, ketika tahu aku lumpuh.”
(2)“Mana mungkin aku begitu...!” Mata Airin terasa panas oleh gumpalan air yang mendesak keluar. Ia terharu melihat keadaan Dayu, sementara semangatnya tetap berkobar walaupun dengan kondisi seperti itu. “Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan aku akan tambah sayang padamu setelah bertemu.”
(3)“Sudahlah,” Dayu memegang tangan Airin. “Kenalkan, ini Pamanku.”
(4)Airin mendorong kursi Dayu, berjalan di atas pasir putih yang lembut. Matahari hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut yang tampak kecoklatan karena langit mulai redup. Rambut Airin yang cepak tak bisa berkibar-kibar seperti rambut Dayu.
Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
A.    di tengah laut           
B.    di pantai
C.    di rumah Dayu
D.    di jalan

Kunci        : B
Pembahasan    :
Latar dalam cerita tersebut adalah di pantai. Hal ini didukung oleh bagian (4) cerita tersebut, yaitu … berjalan di atas pasir putih ... Matahari hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut …

17.    Indikator SKL    : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal    : bukti perwatakan tokoh cerpen tersebut

Soal    :
Bukti tokoh Airin penyayang terdapat pada bagian ….
A.    (1)
B.    (2)
C.    (3)
D.    (4)

Kunci        : B
Pembahasan    :
Bukti bahwa Airin memiliki watak penyayang adalah pada pernyataan “Mana mungkin aku begitu...!” … “Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan aku akan tambah sayang padamu setelah bertemu.”

18.    Indikator SKL    : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal    :    Cara pengarang menggambarkan watak tokoh dalam cerpen tersebut  
                  
Soal    :
Pengarang menggambarkan watak tokoh dengan cara ….
A.    Percakapan tokoh lain
B.    Ucapan tokoh itu sendiri
C.    Langsung oleh pengarang
D.    Reaksi tokoh terhadap masalah

Kunci        : B
Pembahasan    :
Penggambaran watak tokoh diberikan melalui ucapan langsung dan sikap tokoh. (Seperti yang ditunjukkan pada bagian (2) dalam cerita tersebut).

19.    Indikator SKL    : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal    :    Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan amanat kutipan cerita tersebut.

Soal    :
Cermatilah kutipan cerita anak berikut!
“Apa?! Pengemis? Tak ada sedekah yang kuberikan .... Usir dia! ” teriak Nyi Endit. Tapi ternyata yang dimaksud dengan pengemis itu telah berada di dalam ruangan itu.              “Nyi Endit, kau memang benar-benar manusia kejam!” kata pengemis tua itu.                  “Mau apa kau pengemis busuk! Pergi kau dari tempatku ini!” dengan gusar Nyi Endit membentak.
Namun pengemis itu tetap diam tak beranjak dari tempatnya. Kemudian ia berkata, “Tak mau memberikan sedekah pada manusia melarat macam aku? Hm ... sungguh terkutuk hidupmu Nyi Endit! Kau tega berpesta pora di tengah-tengah rakyat kelaparan dan sekarat karena darahnya setiap hari kau hisap. Betul-betul kau lintah darat terlaknat!”
Amanat cerita tersebut adalah …
A.    Berusahalah untuk saling memahami keadaan orang lain.
B.    Berikanlah sedekah kepada orang yang layak menerimanya.
C.    Janganlah menjadi orang yang hanya pandai meminta sesuatu.
D.    Berbuat baiklah kepada orang lain meskipun orang itu menyakiti kita.

Kunci        : B
Pembahasan    :
Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis melalui ceritanya. Dalam kutipan cerpen tersebut, pengarang menyampaikan pesan secara implisit melalui percakapan tokoh agar orang yang mampu mau memberikan sedekah kepada orang yang layak menerimanya.

20.    Indikator SKL    : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal    :    Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan konflik kutipan cerita tersebut.

Soal    :
Bacalah kutipan cerita berikut!

Tapi juga siang itu, Luki tidak datang.Cemas betul hati Budi dan Iwan. Semula Budi sudah siap hendak melontarkan caci makinya begitu Luki melompat masuk. Akan disikatnya habis-habisan sahabatnya itu karena melalaikan janjinya seenaknya.
Tapi sekarang, segala kata-kata itu lenyap musnah dari benaknya. Tidak tahu dia ke mana perginya. Tidak pula akan sanggup dikumpulkannya kembali. Sebagai gantinya, timbul perasaan cemas dan gelisah. Mengapa dia tidak datang? Mengapa? Mengapa?
Konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah …
A.    Sampai siang Luki belum juga datang.
B.    Budi melontarkan caci maki kepada Luki.
C.    Luki tidak menepati janjinya kepada Budi.
D.    Saat tokoh mulai mencemaskan sahabatnya.
Kunci        : D
Pembahasan    :
Konflik dalam sebuah cerita merupakan bagian yang menunjukkan adanya pertentangan dalam cerita tersebut. Biasanya konflik terjadi karena adanya benturan (ketidakserasian), baik dengan dirinya atau dengan tokoh lain. Awalnya tokoh Budi dan Iwan kesal dengan Luki yang ingkar janji, tetapi setelah berpikir lama akhirnya tokoh mencemaskan keadaan Luki. Hal ini bahkan menjadi konflik dalam diri Budi dan Iwan.
Kata yang dirujuk: Sebagai gantinya, timbul perasaan cemas dan gelisah. Mengapa dia tidak datang? Mengapa? Mengapa?

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN 2015/2016"

Back To Top