1. Apabila dikaitkan dengan tanggung jawab guru terhadap pembelajaran, PTK dapat membantu guru untuk………………….
a. Mengatasi masalah siswa b. Berkolaborasi dengan guru lain
c. Berkembang secara professional d. Memperbaiki pembelajaran
e. Mengembangkan kurikulum
2. Pengertian kelas dalam PTK adalah sekelompok peserta didik yang sedang belajar. Adapun komponen dalam sebuah kelas yang dapat dikaji melalui penelitian tindakan antara lain sbb, kecuali:a. siswa b. guru c. Materi pelajaran d. Hasil pembelajaran e. Sekolah
3. PTK memiliki ciri khusus yaitu sikap reflektif berkelanjutan, artinya bahwa…………
a. PTK lebih menekankan pada proses refleksi terhadap proses dan hasil penelitian guna memperbaiki proses tindakan pada siklus berikutnya
b. PTK merupakan upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran secara kolaboratif
c. PTK berangkat dari permasalahan pembelajaran riil sehari-hari yang dialami oleh guru
d. PTK adalah penelitian eksperimen
e. PTK merupakan jenis penelitian yang paling tepat untuk perbaikan proses pembelajaran
4. Berikut ini yang merupakan judul PTK adalah………..
a. Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Surakarta dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier.
b. Pengaruh pembelajaran Berbasis Konstruktivistik dan Kontekstual pada Materi Pecahan Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas V SD Jaten II.
c. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle pada Materi Trigonometri di SMA
d. Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Perbandingan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Karanganyar.
e. Optimalisasi Pembelajaran Matematika dengan Pengorganisasian Tugas Terstruktur dan Kuis pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Solo Tahun Pelajaran 2009 / 2010
5. Berikut ini yang bukan merupakan rumusan masalah PTK adalah………..
a. Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi pokok permutasi dan kombinasi di SMA ?
b. Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction yang dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi permutasi dan kombinasi di SMA ?
c. Bagaimanakah pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis yang dapat mengoptimalisasikan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP ?
d. Apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Open Ended ditinjau dari kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi pokok statistika di SMA Negeri 5 Cimahi ?
e. Apakah pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis dapat mengoptimalisasikan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP ?
6. Masalah yang diangkat sebagai masalah dalam PTK adalah masalah tersebut harus feasible yang artinya………………..
a. Bersifat nyata terjadi di kelas
b. Masalah tersebut dapat dipecahkan
c. Masalah tersebut perlu untuk dipecahkan
d. Mempunyai urgensi jangka pendek yang jelas
e. Dapat membawa keuntungan
7. Cara pemecahan masalah pada PTK ditentukan berdasarkan………..
a. Perumusan hipotesis
b. Identifikasi masalah penelitian
c. Akar penyebab permasalahan dalam bentuk tindakan yang jelas dan terarah
d. Kerangka berpikir penelitian
e. Rumusan masalah
8. Latar belakang masalah merupakan factor penting yang perlu diuraikan pada bagian pendahuluan. Berikut ini yang bukan merupakan isi dari latar belakang masalah adalah :
a. Identifikasi alternative tindakan untuk pemecahan masalah
b. Argumentasi logis terhadap pilihan tindakan
c. Menulis kenyataan yang ada (kondisi awal)
d. Adanya masalah yaitu kesenjangan antara kenyataan dan harapan
e. Perumusan dan pemecahan masalah PTK
9. Empat tahapan utama dalam melaksanakan kegiatan PTK adalah…………….
a. Perencanaan – refleksi – tindakan – observasi
b. Perencanaan – tindakan – refleksi – observasi
c. Perencanaan – tindakan – observasi – refleksi
d. Perencanaan – observasi – tindakan – refleksi
e. Perencanaan – observasi – refleksi – interpretasi
10. Tindakan yang dipilih dalam melaksanakan PTK harus applicable, artinya………..
a. Dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas
b. Dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran
c. Dapat dan mungkin dilaksanakan
d. Mudah dan dapat diukur
e. Dapat menjanjikan hasil yang optimal
11. Keberhasilan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat diukur dari………….
a. Perkembangan intelegensi siswa yang cukup berarti
b. Adanya perubahan dalam strategi belajar siswa
c. Adanya perbaikan dalam pembelajaran
d. Kemampuan siswa mengatasi masalahnya sendiri
e. Kemampuan guru dalam mengatasi masalah pembelajaran
12. Tahap perencanaan pada siklus I intinya adalah identifikasi masalah dan penetapan alternative pemecahan masalah. Berikut ini yang bukan merupakan kegiatan pada tahap tersebut adalah……………………..
a. Menyusun dan mengembangkan scenario pembelajaran
b. Melakukan observasi dengan menggunakan format observasi
c. Merencanakan pembelajaran yang akan diterapkan dalam PBM
d. Menyiapkan sumber belajar
e. Mengembangkan format evaluasi dan observasi
13. Pentingnya merumuskan indicator kinerja pada proposal PTK adalah………….
a. Sebagai tolok ukur dalam menentukan keberhasilan/keefektifan PTK yg dilakukan
b. Untuk mengetahui jumlah siklus yang perlu dilakukan pada suatu PTK
c. Agar PTK yang dilakukan lebih berkualitas
d. Untuk melihat kinerja guru dalam mengelola kelas
e. Untuk melihat kinerja siswa dalam pembelajaran
14. Kerangka berpikir yang baik antara lain memuat……………..
a. Identifikasi masalah PTK
b. Pertautan antar variable yang diteliti dan teori yang mendasarinya
c. Analisis masalah penelitian
d. Analisis alternative tindakan
e. Uraian sistematis tentang kajian teori dan hasil penelitian yang relevan
15. Yang merupakan salah satu kegiatan PTK pada tahap refleksi antara lain :
a. Menentukan pokok materi matematika sebagai focus materi PTK
b. Menyiapkan media pembelajaran
c. Melakukan evaluasi tindakan pada tiap siklus
d. Menyiapkan sumber belajar
e. Menerapkan tindakan mengacu pada scenario pembelajaran pada RPP
II. Bagian II (Bentuk Essay)
Agar anda lebih menguasai tentang PTK khususnya Proposal PTK sebagai output dari workshop PTK ini, kerjakanlah latihan berikut sesuai dengan masalah pembelajaran matematika yang real anda alami di kelas.
A. Cobalah identifikasi masalah-masalah pembelajaran matematika yang paling merisaukan di kelas anda
1. …………………………………………..
2. …………………………………………..
3. …………………………………………..
4. …………………………………………..
B. Fokus permasalahan PTK
1. …………………………………………..
2. …………………………………………..
3. …………………………………………..
4. …………………………………………..
C. Diagnosis penyebab permasalahan
1. …………………………………………..
2. …………………………………………..
3. …………………………………………..
D. Alternative tindakan perbaikan pembelajaran
1. …………………………………………..
2. …………………………………………..
3. …………………………………………..
E. Susunlah topic PTK dengan mengingat tiga unsur yang harus dipenuhi suatu judul PTK
• ……………………………………………….
F. Susunlah suatu Proposal PTK yang bersesuaian dengan masalah yang anda tetapkan di atas dengan mengacu pada sistematika yang ditentukan !
a. Mengatasi masalah siswa b. Berkolaborasi dengan guru lain
c. Berkembang secara professional d. Memperbaiki pembelajaran
e. Mengembangkan kurikulum
2. Pengertian kelas dalam PTK adalah sekelompok peserta didik yang sedang belajar. Adapun komponen dalam sebuah kelas yang dapat dikaji melalui penelitian tindakan antara lain sbb, kecuali:a. siswa b. guru c. Materi pelajaran d. Hasil pembelajaran e. Sekolah
3. PTK memiliki ciri khusus yaitu sikap reflektif berkelanjutan, artinya bahwa…………
a. PTK lebih menekankan pada proses refleksi terhadap proses dan hasil penelitian guna memperbaiki proses tindakan pada siklus berikutnya
b. PTK merupakan upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran secara kolaboratif
c. PTK berangkat dari permasalahan pembelajaran riil sehari-hari yang dialami oleh guru
d. PTK adalah penelitian eksperimen
e. PTK merupakan jenis penelitian yang paling tepat untuk perbaikan proses pembelajaran
4. Berikut ini yang merupakan judul PTK adalah………..
a. Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Surakarta dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier.
b. Pengaruh pembelajaran Berbasis Konstruktivistik dan Kontekstual pada Materi Pecahan Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas V SD Jaten II.
c. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle pada Materi Trigonometri di SMA
d. Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Perbandingan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Karanganyar.
e. Optimalisasi Pembelajaran Matematika dengan Pengorganisasian Tugas Terstruktur dan Kuis pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Solo Tahun Pelajaran 2009 / 2010
5. Berikut ini yang bukan merupakan rumusan masalah PTK adalah………..
a. Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi pokok permutasi dan kombinasi di SMA ?
b. Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction yang dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran materi permutasi dan kombinasi di SMA ?
c. Bagaimanakah pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis yang dapat mengoptimalisasikan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP ?
d. Apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Open Ended ditinjau dari kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi pokok statistika di SMA Negeri 5 Cimahi ?
e. Apakah pengorganisasian tugas terstruktur dan kuis dapat mengoptimalisasikan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP ?
6. Masalah yang diangkat sebagai masalah dalam PTK adalah masalah tersebut harus feasible yang artinya………………..
a. Bersifat nyata terjadi di kelas
b. Masalah tersebut dapat dipecahkan
c. Masalah tersebut perlu untuk dipecahkan
d. Mempunyai urgensi jangka pendek yang jelas
e. Dapat membawa keuntungan
7. Cara pemecahan masalah pada PTK ditentukan berdasarkan………..
a. Perumusan hipotesis
b. Identifikasi masalah penelitian
c. Akar penyebab permasalahan dalam bentuk tindakan yang jelas dan terarah
d. Kerangka berpikir penelitian
e. Rumusan masalah
8. Latar belakang masalah merupakan factor penting yang perlu diuraikan pada bagian pendahuluan. Berikut ini yang bukan merupakan isi dari latar belakang masalah adalah :
a. Identifikasi alternative tindakan untuk pemecahan masalah
b. Argumentasi logis terhadap pilihan tindakan
c. Menulis kenyataan yang ada (kondisi awal)
d. Adanya masalah yaitu kesenjangan antara kenyataan dan harapan
e. Perumusan dan pemecahan masalah PTK
9. Empat tahapan utama dalam melaksanakan kegiatan PTK adalah…………….
a. Perencanaan – refleksi – tindakan – observasi
b. Perencanaan – tindakan – refleksi – observasi
c. Perencanaan – tindakan – observasi – refleksi
d. Perencanaan – observasi – tindakan – refleksi
e. Perencanaan – observasi – refleksi – interpretasi
10. Tindakan yang dipilih dalam melaksanakan PTK harus applicable, artinya………..
a. Dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas
b. Dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran
c. Dapat dan mungkin dilaksanakan
d. Mudah dan dapat diukur
e. Dapat menjanjikan hasil yang optimal
11. Keberhasilan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dapat diukur dari………….
a. Perkembangan intelegensi siswa yang cukup berarti
b. Adanya perubahan dalam strategi belajar siswa
c. Adanya perbaikan dalam pembelajaran
d. Kemampuan siswa mengatasi masalahnya sendiri
e. Kemampuan guru dalam mengatasi masalah pembelajaran
12. Tahap perencanaan pada siklus I intinya adalah identifikasi masalah dan penetapan alternative pemecahan masalah. Berikut ini yang bukan merupakan kegiatan pada tahap tersebut adalah……………………..
a. Menyusun dan mengembangkan scenario pembelajaran
b. Melakukan observasi dengan menggunakan format observasi
c. Merencanakan pembelajaran yang akan diterapkan dalam PBM
d. Menyiapkan sumber belajar
e. Mengembangkan format evaluasi dan observasi
13. Pentingnya merumuskan indicator kinerja pada proposal PTK adalah………….
a. Sebagai tolok ukur dalam menentukan keberhasilan/keefektifan PTK yg dilakukan
b. Untuk mengetahui jumlah siklus yang perlu dilakukan pada suatu PTK
c. Agar PTK yang dilakukan lebih berkualitas
d. Untuk melihat kinerja guru dalam mengelola kelas
e. Untuk melihat kinerja siswa dalam pembelajaran
14. Kerangka berpikir yang baik antara lain memuat……………..
a. Identifikasi masalah PTK
b. Pertautan antar variable yang diteliti dan teori yang mendasarinya
c. Analisis masalah penelitian
d. Analisis alternative tindakan
e. Uraian sistematis tentang kajian teori dan hasil penelitian yang relevan
15. Yang merupakan salah satu kegiatan PTK pada tahap refleksi antara lain :
a. Menentukan pokok materi matematika sebagai focus materi PTK
b. Menyiapkan media pembelajaran
c. Melakukan evaluasi tindakan pada tiap siklus
d. Menyiapkan sumber belajar
e. Menerapkan tindakan mengacu pada scenario pembelajaran pada RPP
II. Bagian II (Bentuk Essay)
Agar anda lebih menguasai tentang PTK khususnya Proposal PTK sebagai output dari workshop PTK ini, kerjakanlah latihan berikut sesuai dengan masalah pembelajaran matematika yang real anda alami di kelas.
A. Cobalah identifikasi masalah-masalah pembelajaran matematika yang paling merisaukan di kelas anda
1. …………………………………………..
2. …………………………………………..
3. …………………………………………..
4. …………………………………………..
B. Fokus permasalahan PTK
1. …………………………………………..
2. …………………………………………..
3. …………………………………………..
4. …………………………………………..
C. Diagnosis penyebab permasalahan
1. …………………………………………..
2. …………………………………………..
3. …………………………………………..
D. Alternative tindakan perbaikan pembelajaran
1. …………………………………………..
2. …………………………………………..
3. …………………………………………..
E. Susunlah topic PTK dengan mengingat tiga unsur yang harus dipenuhi suatu judul PTK
• ……………………………………………….
F. Susunlah suatu Proposal PTK yang bersesuaian dengan masalah yang anda tetapkan di atas dengan mengacu pada sistematika yang ditentukan !
0 Komentar untuk " SOAL LATIHAN SOAL PTK TERBARU TAHUN 2016"