PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS SMP/MTS 2016 DAN PEMBAHASANNYA PAKET 2

PREDIKSI  SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS SMP/MTS 2016 DAN PEMBAHASANNYA PAKET 2
Soal:
21.    The text indicates that the writer is…
A.    Michael Jordan’s son.
B.    Michael Jordan’s fan.
C.    Michael Jordan’s coach.
D.    Michael Jordan himself.

Kunci jawaban    : B
Pembahasan    :
kalimat “if you are a sports fan..” dan “Is it no wonder that so many boys have dreamed of growing up to be just like him?” menunjukkan bahwa tulisan ini ditujukan kepada fans dan penulis menunjukkan bahwa si penulis adalah bagian dari fans itu. 

Read the text to answer  questions 22 to 25

    Rafflesia can be found in the forests of Malaysia, Southern Thailand, Sumatra and Java. But, Rafflesia flowers are fairly hard to locate. It is especially difficult to see them in bloom. Its buds take up to 10 months to develop while its blossom lasts for just a few days.
    Rafflesia has brownish, scale like leaves and fleshy, smelling flowers of various sizes, from few inches to meter big in diameter. We usually noticeits large fleshy flowers. There is a deep well in the centre of the flowers. The sexual organs are located beneath the rim of the disk. Male and female flowers are separate.
    The reddish brown colors of the petals, sprinkled with white freckles produce unpleasant stench, similar to rotting flesh. This would attract flies and insects which help disperse the seeds. Rafflesia isparasite, which means it takes the nutrient out of itshost.

Indikator    : Menentukan gambaran umum isi teks
Indikator soal    : Disajikan teksreport tentang tumbuhan, siswa dapat
        menentukangambaran umum teks.

Soal:
22.    The text mainly describes… of Rafflesia
A.    the location
B.    the petals
C.    the sexual organs
D.    physical look

Kunci jawaban    : D
Pembahasan    :
Paragraf 1 berisi lokasi, paragraf 2 berisi flowers, paragraf 3 berisi petals. Jadi keseluruhan adalah physical look.

Indikator    : Menentukan informasi rinci tersirat
Indikator soal    : Disajikan teksreport tentang tumbuhan, siswa dapat
        menentukan informasi rinci tersirat di dalam teks.

Soal:
23.    It is hard to find Rafflesia because of its…
A.    location.
B.    short life.
C.    large size.
D.    smell.

Kunci jawaban    : B
Pembahasan    :
Paragraph 1 berisi informasi tentang perlu waktu 10 bulan untuk berkembang and mekar hanya berumur beberapa hari setelah itu mati.Jadi itu menunjukkan short life span.

Indikator    : Menentukan informasi rinci 
Indikator soal    : Disajikan teksreport tentang tumbuhan, siswa dapat
        menentukan informasi rinci tentang topik di dalam teks.

Soal:
24.    What is the unpleasant smell for?
A.    People repellent
B.    Attracting insects
C.    Attractinghost
D.    Protection

Kunci jawaban    : B
Pembahasan    :
Paragraf 3 secara jelas menulis bahwa bau busuk untuk menarik serangga.Jadi attractinginsects adalah jawabannya.

Indikator    : Menentukan makna kata/frasa
Indikator soal    : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal, siswa dapat
        menentukan sinonim sebuah kata yang dipilihkan.

Soal:
25.    The word ‘notice’ in paragraph 2 means…
A.    smell.
B.    see.
C.    find.
D.    locate.
Kunci jawaban    : B
Pembahasan    :
kata setelah notice dalam “…notice large size..” menjadi kunci karena large size adalah keadaan fisik yang hanya bisa dilihat, sehingga pilihan yang tepat adalah ‘see’.

Read the textto answer  questions 26 to 30
Cooking and microorganisms
(We learnt that yeast is a fungus and that it is a microorganism)

Today we made Pita bread. We used yeast and flour to make it. We made the dough and then needed to knead it until it’s smooth and flat. I moulded and made it to a love-heart shape. Then we cooked it under the grill for several minutes so it’s perfectly cooked. I think my Pita bread is going to be delicious.

By Putri 3/4 E.

Indikator    : Menentukan gambaran umum
Indikator soal    : Disajikan teks prosedur membuat makanan, siswa dapat
        menentukangambaran umum tek prosedur tersebut.

Soal:
26.    The text above is about….
A.    How to make pita bread
B.    Making fungus and bread
C.    A cooking class demonstration
D.    A biology lesson

Kunci jawaban    : A
Pembahasan    :
Ini adalah prosedur pembuatan pita bread yang ditulis oleh seorang siswa.Cirinya adalah penggunaan time sequence.

Indikator    : Menentukan informasi rinci tersirat
Indikator soal    : Disajikan teks prosedur membuat makanan, siswa dapat
        menentukan informasi rinci tersirat di dalam teks.

Soal:
27.    Who is probably Putri?
A.    A cook
B.    A student
C.    A teacher
D.    A school principal

Kunci jawaban    : B
Pembahasan    :
Kata kunci adalah group kelas 3/4  E yang berarti Putriadalah seorang siswa.

Indikator    : Menentukan rujukan kata dalam teks
Indikator soal    : Disajikan teks prosedur membuat makanan, siswa dapat
menentukan rujukan kata tertentu di dalam teks.

Soal:
28.    “It” in “I moulded and made it” refers to…
A.    flour.
B.    shape.
C.    dough.
D.    pita.

Kunci jawaban    : C
Pembahasan    :  Yang dapat di moulded adalah dough.

Indikator    : Menentukan informasi tersirat 
Indikator soal    : Disajikan teks procedure, siswa dapat menentukan informasi
        tersirat tentang topik di dalam teks.

Soal:
29.    How did Putri feel about her Pita?
A.    Happy
B.    Sad
C.    Flat
D.    Confused

Kunci jawaban    : A
Pembahasan    :
Kata sifat yang diguanakan yaitu love-heart shaped, perfect, delicious menunjukkan hal yang positif. Itu artinya si penulis senang.

Indikator    : Menentukan makna kata/frasa
Indikator soal    : Disajikan teks procedure, siswa dapat menentukan sinonim
        sebuah kata yang dipilihkan.

Soal:
30.    The synonym of “knead” in “..needed to knead it…” is…
A.    mould.
B.    make.
C.    use.
D.    cook.

Kunci jawaban    : A
Pembahasan    : knead mempunyai makna mendekati mould.

Read the text to answer  questions 31 to 36

Last autumn I was in India during Diwali, the “Festival of Lights” which takes place every year to celebrate the victory of good over evil. This festival lasts for five days and is held at the end of October or in the first week of November.
Preparations began weeks before the event. People cleaned their homes and painted wonderful designs called rangolis on the walls and floors. They bought beautiful new clothes and jewelry to wear during the festival. Women made delicious sweets which were better than any others I have ever tasted.
During the five days of Diwali, every home and temple was decorated, inside and outside, with lovely clay lamps and colourful candles. After dark, the whole neighbourhood glittered with thousands of tiny lights, as though in a fairy tale. Excited children set off firecrackers, and at first I was frightened by the loud bangs, but the spectacular display was so fascinating that I soon joined in the spirit of celebration.
Diwali is a deeply moving festival. I am very grateful I had the chance to share in this celebration of peace and harmony. I have fond memories of the experience, and in particular I will never forget how friendly and generous people were.

Indikator    : Menentukan informasi tertentu
Indikator soal    : Disajikan teks recount, siswa dapat menentukan informasi
        tententu di dalam teks.

Soal:
31.    What is Diwali?
A.    Celebration
B.    Wonderful designs
C.    Festival of Lights
D.    Home and temple in India

Kunci jawaban    : C
Pembahasan    :
Tanda baca koma setelah kata Diwali menunjukkan keterangan kata Diwali itu, yaitu Festival of Lights.
Indikator    : Menentukan pikiran utama paragraf
Indikator soal    : Disajikan teks recount, siswa dapat menentukan pikiran utama
        paragraph yang ditentukan.

Soal:   
32.    The main idea of paragraph 3is…
A.    The preparations for Diwali was very long.
B.    Diwali was celebrated everywhere.
C.    The writer was very happy with Diwali.
D.    During Diwali, houses were decorated with lamps and candles.

Kunci jawaban    : D
Pembahasan    :
Kata pertama dalam paragraph 3 menjadi topik paragraph. Sehingga jawaban yang benar adalah what happened during Diwali.
Indikator    : Menentukan informasi rinci tersurat
Indikator soal    : Disajikan teks recount, siswa dapat menentukan informasirinci
        tersurat yang ditentukan.

Soal:
33.    When is Diwali held?
A.    In Autumn
B.    Every year
C.    First week of November
D.    End of October

Kunci jawaban    : D
Pembahasan    :
Dalam paragraph 1 sudah jelas bahwa Diwali dirayakan di akhir October.Diwali.

Indikator    : Menentukan informasi rinci tersurat
Indikator soal    : Disajikan teks recount, siswa dapat menentukan informasi rinci
        tersuratyang ditentukan.

Soal:
34.    What did the kids do during the celebration?
A.    Buying new clothes
B.    Setting off firecrackers
C.    Painting their homes
D.    Lighting the lights

Kunci jawaban    : B
Pembahasan    :
Kata kunci adalah children di paragraf 3.

Indikator    : Menentukan informasi rinci tersirat
Indikator soal    : Disajikan teks recount, siswa dapat menentukan informasi rinci
        tersirat yang terkandung dalam teks.

Soal:
35.    From the text we know that …
A.    Diwali was a fairy tale.
B.    the writer were afraid of the festival.
C.    all ages joined the celebration.
D.    Diwali was an ordinary festival.

Kunci jawaban    : C
Pembahasan    :
Di paragraph 2 yang beraktifitas adalah people (men) and women. Di paragraph 3 yang beraktifitas adalah children. Jadi all ages were involved in the festival.



Indikator    : Menentukan informasi rinci tersurat
Indikator soal    : Disajikan teks recount, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat yang ditentukan.
Soal:
36.    The writer feels that Diwali is a…festival.
A.    frightening
B.    peaceful
C.    fascinating
D.    moving 

Kunci jawaban    : D
Pembahasan    :
Kalimat pertama di paragraf 4 adalah kata kuncinya.

Read the text to answer  questions 37 to 42

Sung-Yow  has a secret. He could paint a picture and make it come alive! This only happened when the painting was finished. Sung-Yow loved to paint dragons. He left out their eyes because he didn’t want them to come alive. In this way his secret stayed a secret.
The king heard that Sung-Yow was good at painting dragons. He asked Sung-Yow to paint four dragons on a wall. In three days the painting was almost finished. The dragons looked like they could jump off the wall. They didn’t jump because Sung-Yow had left out their eyes.
People came from far away to see the paintings.
“The dragons look so real,” they said.
“But where are their eyes?” they asked.
“If I dotted the eyes, the dragons would fly away,” said Sung-Yow.
Everyone laughed. No one believed him. Sung-Yow was not happy. This time he would NOT leave out the eyes. He painted little black dots on two of the dragons.
Crash! Crack! the wall split open. Two dragons jumped off the wall. Sung-Yow went on to become a very famous artist with a very famous secret.
In China when someone adds a finishing touch to a work, people might say “Draw Dragon Dot Eyes”. 
Indikator    : Menentukan informasi rinci tersurat
Indikator soal    : Disajikan teks narrative, siswa dapat menentukan informasi
        rincitersurat yang ditentukan.

Soal:
37.    What is Sung-Yow’s secret?
A.    He could paint dragons.
B.    His king knows him.
C.    Draw Dragon Dot Eye.
D.    His painting could come alive.

Kunci jawaban    : D
Pembahasan    :
Kalimat kedua di paragraf 1 menjelaskan kalimat pertama, yaitu the secret.

Indikator    : Menentukan informasi rinci tersirat
Indikator soal    : Disajikan teks narrative, siswa dapat menentukan informasi
            rincitersirat yang terkandung dalam teks.

Soal:
38.    Why was the painting almost finished? Because…
A.    the dragons looked so real
B.    he did not finish it
C.    people were asking
D.    the dragons jumped off the wall

Kunci jawaban    : B
Pembahasan    :
Kalimat terakhir di paragraf 2 menjelaskan bahwa dragons painting tidak diberi mata sehingga paintingnya belum finished, atau almost finished. 

Indikator    : Menentukan informasi rinci tersurat
Indikator soal    : Disajikan teks narrative, siswa dapat menentukan informasi
        rincitersurat yang ditentukan.

Soal:
39.    How could Sun-Yow become famous?
A.    He was asked by the king.
B.    Everyone liked him.
C.    People saw knew secret.
D.    He made a saying “Draw Dragons Dot Eyes”.

Kunci jawaban    : C
Pembahasan    :
Kalimat sebelum he went on to become famous menjelaskan mengapa dia terkenal. 

Indikator    : Menentukan informasi rinci tersirat
Indikator soal    : Disajikan teks narrative, siswa dapat menentukan informasi
        rincitersirat yang ditentukan.

Soal:
40.    What happened to the unfinished painting of two dragons?
A.    Jumping off the wall
B.    Remained on the wall
C.    Had two dot eyes
D.    Split the wall


Kunci jawaban    : B
Pembahasan    :
Karena yang diberi mata cuma dua dragons yang akhirnya jumped off the wall, yang dua tetap ada di tembok.

Indikator    : Menentukan rujukan kata dalam teks
Indikator soal    : Disajikan teks narrative, siswa dapat menentukan rujukan kata
        yang ditentukan dalam teks.

Soal:
41.    “Their”in “But where are their eyes?”refers to…
A.    people.
B.    two dragons.
C.    four dragons.
D.    everyone.

Kunci jawaban    : C
Pembahasan    :
Their eyes yg dimaksud adalah keempat dragons yang tidak diberi mata.

Indikator    : Menentukan gambaran umum isi teks
Indikator soal    : Disajikan teks narrative, siswa dapat menentukan judul teks.

Soal:
42.    What’s possible title for the text?
A.    Draw Dragon Dot Eyes
B.    Sung-Yow
C.    Alive dragons
D.    Secret dragons painting

Kunci jawaban    : A
Pembahasan    :
Paragraf terakhir menunjukkan maksud cerita ini ditulis yaitu untuk memperkenalkan istilah draw dragon dot eyes.

For questions 43 to 45, complete the text with appropriate words

It was (43)……in the little cottage in the woods. Snow White (44)…..each Dwarf good night and tucked them into bed.
“Wait! Wait!” called out Happy before she blew out the candle.
“Please tell us a story!”
“(45) ……,” said Snow White, smiling.

Indikator    : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang
Indikator soal    : Disajikan teks narrative, siswa dapat melengkapi teks rumpang
        dengan adverb yang sesuai.


Soal:
43.    A.    night
B.     morning
C.     afternoon
D.     midnight

Kunci jawaban    : A
Pembahasan    :
Kata kunci adalah good night, tucked them into bed. Jadi itu night.

Indikator    : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang
Indikator soal    : Disajikan teks narrative, siswa dapat mengisi teks rumpang
        dengan verb yang sesuai.

Soal:
44.    A.     wiped
B.     kissed
C.     smiled
D.     touched

Kunci jawaban    : B
Pembahasan    :
Was menunjukkan past time. kata kunci adalah “tucked” yg menunjukkan bahwa akan tidur. Dan biasanya sebelum tidur dwarf minta dicium. Jadi jawaban yang sesuai adalah kissed. 

Indikator    : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang
Indikator soal    : Disajikan teks narrative, siswa dapat mengisi rumpang dengan
        ekspresi yang sesuai.

Soal:
45.    A.     Oh no
B.    Good
C.    Very well
D.    I am sorry

Kunci jawaban    : C
Pembahasan    :
Kata kunci adalah “smiling” yg menunjukkan bahwa Snow White senang.Jadi ekspresi yang tepat adalah very well.



For questions 46 to 48, complete the text with appropriate words
How to scramble eggs
Break eggs into bowl. Add 1 tablespoon milk or cream and a dash of (46)……….for each egg. Beat well with fork. Heat half tablespoon fat for each egg in moderately hot skillet.  (47)….in mixture and reduce heat. Cook (48)….., turning gently as mixture sets at bottom and sides of pan. Avoid constant stirring. When cooked through but still moist (5 to 8 minutes), serve at once.

Indikator    : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang
Indikator soal    : Disajikan teks procedure, siswa dapat mengisi rumpang dengan kata benda yang sesuai.

Soal:
46.    A.     sugar
B.    water
C.    milk
D.    salt and pepper

Kunci jawaban    : D
Pembahasan    :
Kata kunci adalah a dash of yang biasanya digunakan untuk salt and pepper.

Indikator    : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang
Indikator soal    : Disajikan teks procedure, siswa dapat mengisi rumpang dengan kata kerja yang sesuai.

pilihan:
47.    A.     Pour
B.    Heat
C.    Put
D.    Move

Kunci jawaban    : A
Pembahasan    :
Kata kunci adalah “in mixture”. Kata kerja yang berpreposisi in yaitu pour, put dan move. Tetapi yang paling cocok dengan prosedur dia tas adalah pour.

Indikator    : Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang
Indikator soal    : Disajikan teks procedure, siswa dapat mengisi rumpang dengan adverbs of manner yang sesuai.

pilihan:
48.    A.     fast
B.    Slowly
C.    hard
D.    calmly
Kunci jawaban    : B
Pembahasan    :
Jenis kata yang bisa diletakkan setelah verb adalah adverb atau noun.Dari pilihan yang ada cuma adverb, yang cocok untuk memasak pelan-pelan yaitu slowly.

Indikator    : Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat
        sederhana yang bermakna.   
Indikator soal    : Diberikan 7 berbagai jenis kata, siswa dapat menyusun kalimat
        sederhana yang bermakna

Soal:
49.    Question 49

What is the best arrangements for the following words to become a good sentence?

Will–open-Monday and Wednesday–be- each- afternoons–
  12                        3             45        6                    

The Uniform Shop
 7

A.    3-5-1-4-2-6-7
B.    7-1-4-2-5-3-6
C.    5-1-4-2-6-3-7
D.    7-2-1-4-3-6-5

Kunci jawaban    : B   
Pembahasan    :
Subyek selalu kata benda.Dan yang kata benda dalam pilihan cuma the uniform shop. Kata open dalam pilihan adalah adjective, bukan verb.

Indikator    : Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat
        paragraf yang padu dan bermakna
Indikator soal    :    Diberikan 8 berbagai kalimat, siswa dapat menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraph deskriptif yang bermakna

Soal:
50.    Question 50

What is the best arrangement for the following sentences to become a good paragraph?
1-Most people who meet him think he is strange, but I believe he is just shy.
2-He does not have many friends, but he does not mind.
3-Mr. Bean is one of my favourite characters.
4-He is slim and of medium height.
5-He usually wears a brown suit.
6-He likes to drive his small car and he loves his teddy bear.
7-He has brown eyes and short brown hair.
8-He is an ordinary-looking man.

A.    1-2-3-4-5-6-7-8
B.    8-4-1-5-2-3-6-7
C.    3-8-4-7-5-2-6-1
D.    2-3-4-5-1-6-7-8

Kunci jawaban    : C
Pembahasan    :
Kalimat pertama harus memperkenalkan topic.Kalimat-kalimat berikutnya memberikan deskripsi fisik.Selanjutnya merupakan deskripsi kepribadian.


Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS SMP/MTS 2016 DAN PEMBAHASANNYA PAKET 2"

Back To Top