PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS SMP/MTS 2016 DAN PEMBAHASANNYA
Choose the best answer.
Read the text to answer questions 1 and 2.
Awesome congratulations
To: Ahmad Fikri
For: Being a bright and enthusiastic student in 1/2J. Your bright smile lights up our classroom everyday. Great work this year Fikri.
Joanne
Indikator : Menentukan gambaran umum teks fungsional pendek.
Indikator soal : Disajikan sebuah kartu ucapan, siswa dapat menentukan topik
teks itu.
Soal:
1. What is the text about?
A. A letter from a teacher
B. A student report
C. A greeting card
D. An email
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Kata ‘congratulations’ merupakan judul teks di atas, sehingga bisa disimpulkan bahwa teks tersebut adalah kartu ucapan selamat, yang merupakan salah satu bentuk greeting card.
Indikator : Menentukan informasi tersirat dalam teks fungsional pendek.
Indikator soal : Disajikan sebuah kartu ucapan, siswa menentukan siapa peran salah seorang di dalamnya.
Soal:
2. Joanne is Fikri’s …
A. mom.
B. friend.
C. headmaster.
D. teacher.
Kunci jawaban :D
Pembahasan :
Kata ‘our classroom’ menjadi kunci untuk menentukan bahwa Joanne adalah guru Fikri.
Read the text to answer question 3.
Indikator : Menentukan gambaran umum teks fungsional pendek
Indikator soal : Diberikan teks pesan singkat, siswa dapat menentukan topik pesan singkat tersebut.
Soal:
3. The note tells the time for…
A. Term 2.
B. assembly.
C. school concert.
D. preparation of acts.
Kunci jawaban :B
Pembahasan :
Kata digaris bawahi menunjukkan pentingnya informasi itu, yaitu jam, hari dan waktu assembly.
Read the text to answer questions 4 and 5.
Santi,
Our plan to visit our friends who suffer from Merapi eruption is cancelled. The weather is not good to fly. I will let you know later.
Sari
Indikator : Menentukan informasi rinci teks fungsional pendek
Indikator soal : Diberikan pesan singkat tertulis, siswa dapat menentukaninformasi rincinya.
Soal :
4. From the text we know that …
A. Santi and Sari go to Merapi.
B. Sari suffers from Merapi eruption.
C. Merapi’s weather is fine.
D. Sari and Santi cancell their visit.
Kunci jawaban :D
Pembahasan :
Teks pesan singkat tersebut menginformasikan penundaan kepergian ke temannya, hal ini dapat dilihat pada kalimat ‘our plan to visit our friends who suffer from Merapi erruption is cancelled’.
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal : Diberikan teks pesan singkat, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan informasi tersirat dengan tepat.
Soal:
5. How are Santi and Sari going to visit their friends?
A. By bus
B. By ship
C. By train
D. By plane
Kunci jawaban : D
Pembahasan :
Kalimat ‘the weather is not good to fly’, menunjukkan mereka akan pergi dengan naik pesawat.
Read the text to answer questions 6 and 7.
Mr. and Mrs. Samuel Hansen
request the company of
Mr. and Mrs. Ben Johnson Brown
on the occasion of their
25th Wedding Anniversary
on Saturday 28 May at 8. p.m.
Taman Orchid Indah Block 2 D No. 4
Cengkareng Jakarta Barat
R.S.V.P: Windy (02154390231)
Indikator : Menentukan informasi tertentu
Indikator soal : Disajikan teks undangan, siswa depat menentukan jawaban
informasi tertentu dengan tepat.
Soal:
6. Who will celebrate the wedding anniversary?
A. Windy
B. Mr. and Mrs. Brown
C. Mr. and Mrs. Hansen
D. The company
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Dari undangan tersebut jelas yang merayakan ulang tahun pernikahan adalah Mr. and Mrs. Hansen.
Indikator : Menentukan tujuan komunikatif teks.
Indikator soal : Disajikan teks undangan yang sama, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif penulisan dengan tepat.
Soal:
7. Whatis the text written for?
A. To invite somebody to a party
B. To celebrate a wedding anniversary
C. To inform the marriage of Mr. and Mrs. Hansen
D. To give direction for Taman Orchid Indah Block 2D
Kunci jawaban : A
Pembahasan :
Teks tersebut adalah teks undangan, maka tujuan komunikatif dari penulisan teks tersebut adalah A.
Read the text to answer questions 8 and9.
ANNOUNCEMENT
To : All students of SMP Bahagia Semarang.
To celebrate the National Education Day,Students body will hold some interesting programs such as English Speech Contest, Debate, and Class Wall Magazine Competition.
When: May 2, 2012 8 am onwards.
Where: School hall
Registration: Mr.Andi, the coordinator of this program.
Indikator : Menentukan gambaran umum teks
Indikator soal : Diberikan sebuah teks pengumuman, siswa dapat menentukan
gambaran umum teks tersebut.
Soal:
8. What does the text announce?
A. A Student Organization
B. An English Speech Contest
C. A National Day Celebration
D. A National Education Day ceremony
Kunci jawaban :D
Pembahasan :
Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat dilihat pada kalimat pertama, jadi topik dari penguman tersebut tentang National Education Day Ceremony
Indikator : Menentukan informasi rinci tersirat
Indikator soal : Diberikan teks pengumuman yang sama, siswa dapat
menentukan informasi rinci tersirat dari teks tersebut dengan tepat.
Soal:
9. Based on the text we can say that ...
A. the programs will last for 4 hours.
B. the programs will be held in the morning.
C. two competitions will be held.
D. Mr.Andi is the organizerof the programs.
Kunci jawaan : D
Pembahasan :
Pada kalimat terakhir jelas bahwa koordinator program adalah Mr. Andi.
Read the text to answer questions 10 to 12.
Indikator : Menentukan gambaran umum teks
Indikator soal : Diberikan iklan tentang makanan, siswa dapat menentukan
gambaran umum isinya.
Soal:
10. The text above is a … advertisement.
A. food
B. drink
C. school
D. classroom
Kunci jawaan : A
Pembahasan :
kata kunci dalam iklan adalah “lunches” yang berarti makan siang. Jadi pilihan yang tepat adalah food ads.
Indikator : Menentukan informasi rinci
Indikator soal : Diberikan iklan tentang makanan, siswa dapat menentukan
gambaran umum teks.
Soal:
11. Classroom Cuisine is…
A. a kind of lunch.
B. a catering company.
C. person’s name.
D. the school’s name.
Kunci jawaan : B
Pembahasan :
kata kunci dalam iklan adalah “delivered, order, customer friendly website” yang menunjukkan bahwa itu adalah perusahaan catering.
Indikator : Menentukan informasi rinci
Indikator soal : Diberikan iklan tentang makanan, siswa dapat menentukan
informasi rinci.
Soal:
12. Parents can orderlunch…
A. online.
B. by phone.
C. by going to school.
D. by delivery.
Kunci jawaan : A
Pembahasan :
kata kunci dalam iklan adalah “orders are received by our customer friendly website”. Jadi harus memesan online.
Read the text to answer questions 13 to 15.
Edinburgh, 19 November 2011
Dear John,
I told you that I was going to England, but actually I was heading for Scotland. I applied for a job and I went for an interview yesterday. The manager and the factory supervisor interviewed me. At first I found it difficult to understand them but I managed to answer all their questions. I’ll know on Friday before I return whether I get the job or not.
Tomorrow I plan to go to the National Museum of Scotland, the Palace of Holy Roodhouse, the Queen’s residence when she’s in Scotland.I’m going to spent a few more days here enjoying the city which I hope will become my home for the next few years.
I’ll ring you when I hear something about my job on Friday.
Bye,
Peter
Indikator : Menentukan informasi tertentu
Indikator soal : Disajikan sebuah surat, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan informasi tertentu tentang teks dengan tepat.
Soal:
13. Where is Peter writing the letter from?
A. Edinburgh
B. Scotland
C. England
D. His home
Kunci jawaban : A
Pembahasan :
Jawaban pertanyaan tersebut dapat diketahui dari penulisan tanggal dan tempat, menunjukkan kapan dan dimana ia menulis surat.
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal : Disajikan sebuah surat yang sama, siswa dapat menentukan
jawaban informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.
Soal:
14. We know that Peter …
A. will call his friend after getting a job.
B. hopes to stay in Edinburgh for a few days.
C. will get the interviewresult on Friday.
D. will go to see National Museum in Edinburgh.
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Jawaban pertanyaan tersebut merupakan kesimpulan dari kalimat terakhir pada paragraf pertama.
Indikator : Menentukan makna kata/frasa dalam teks
Indikator soal : Disajikan kutipan kalimat dari teks dengan salah satu kata/frasa yang digaris bawahi, siswa dapat menentukan makna kata tersebut dengan tepat.
Soal:
15. The word “heading” in “I was heading for Scotland” could be replaced with...
A. living in.
B. going to.
C. staying in.
D. moving to.
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Secara kontekstual makna yang tepat kata tersebut adalah staying in.
Read the text to answer question 16
Indikator : Menentukan gambaran umum teks
Indikator soal : Disajikan kutipan kalimat dari notice di sekolah, siswa dapat
menentukan gambaran umum teks itu dengan tepat.
Soal:
16. What does the text remind us about?
A. Being sure about books
B. Returning library books
C. When to return all library books
D. Where to return the library books
Kunci jawaban : C
Pembahasan : kata kunci “before the end of Term 2”.
Read the text to answer questions 17 to 21
If you are a sports fan, you are sure to know the name Michael Jordan. He is probably the greatest basketball player the world has ever seen. Although his career as a player is over, his fame will live on for many years to come.
Michael Jordan certainly looks like a star. He is tall, well-built and handsome, with friendly brown eyes and a wide grin. He always manages to look well-dressed, even in his casual clothes or smart suits.
His personality, too, is as outstanding as his playing ability. Michael is a very determined person. This has made him a successful basketball star. He has given lots of money and support to charities.
All in all, Michael Jordan is not only a great athlete, but also a warm, caring person. Is it no wonder that so many boys have dreamed of growing up to be just like him?
Indikator : Menentukan gambaran umum isi teks
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal, siswa dapat
menentukan judul teks itu dengan tepat.
Soal:
17. The best title for the text is…
A. a warm, caring person.
B. Michael Jordan.
C. a sports fan.
D. a famous star.
Kunci jawaban : B
Pembahasan :
Kata “Michael Jordan” disebut di paragraph 1 sebagai topik dari text tersebut sehingga judul yang paling tepat adalah B.
Indikator : Menentukan informasi rincitersirat.
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal yang sama,
siswa dapat menentukan alasan ketenaran orang yg dideskripsikan.
Soal:
18. Why is he famous?
A. He is handsome.
B. He gives charity.
C. Sports fans know him.
D. The author admires him.
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Kalimat “if you are sports fan, you are sure to know him” menunjukkan bahwa semua orang mengenal dia.
Indikator : Menentukan pikiran utama paragraf
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal, siswa dapat
menentukan pikiran utama paragraph tertentu.
Soal:
19. What is the main idea of the third paragraph?
A. Michael Jordan is handsome.
B. Everyone dreams to be Michael Jordan.
C. His playing ability is great.
D. Michael Jordan has great personality.
Kunci jawaban : D
Pembahasan :
kata personality ada di awal paragraf sebagai topic sentence, yang sekaligus main idea.
Indikator : Menentukan makna kata/frasa
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal, siswa dapat
menentukan sinonim sebuah kata yang dipilihkan.
Soal:
20. The wordoutstanding in “His personality, too, is as outstanding as his playing ability” means…
A. great.
B. warm.
C. famous.
D. determined.
Kunci jawaban : A
Pembahasan :
kalimat “He is probably the greatest basketball player the world has ever seen” menunjukkan great playing ability.
Indikator : Menentukan informasi rinci tersirat
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal, siswa dapat
menentukaninformasi rinci tersirat di dalam terks tersebut.
Choose the best answer.
Read the text to answer questions 1 and 2.
Awesome congratulations
To: Ahmad Fikri
For: Being a bright and enthusiastic student in 1/2J. Your bright smile lights up our classroom everyday. Great work this year Fikri.
Joanne
Indikator : Menentukan gambaran umum teks fungsional pendek.
Indikator soal : Disajikan sebuah kartu ucapan, siswa dapat menentukan topik
teks itu.
Soal:
1. What is the text about?
A. A letter from a teacher
B. A student report
C. A greeting card
D. An email
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Kata ‘congratulations’ merupakan judul teks di atas, sehingga bisa disimpulkan bahwa teks tersebut adalah kartu ucapan selamat, yang merupakan salah satu bentuk greeting card.
Indikator : Menentukan informasi tersirat dalam teks fungsional pendek.
Indikator soal : Disajikan sebuah kartu ucapan, siswa menentukan siapa peran salah seorang di dalamnya.
Soal:
2. Joanne is Fikri’s …
A. mom.
B. friend.
C. headmaster.
D. teacher.
Kunci jawaban :D
Pembahasan :
Kata ‘our classroom’ menjadi kunci untuk menentukan bahwa Joanne adalah guru Fikri.
Read the text to answer question 3.
Indikator : Menentukan gambaran umum teks fungsional pendek
Indikator soal : Diberikan teks pesan singkat, siswa dapat menentukan topik pesan singkat tersebut.
Soal:
3. The note tells the time for…
A. Term 2.
B. assembly.
C. school concert.
D. preparation of acts.
Kunci jawaban :B
Pembahasan :
Kata digaris bawahi menunjukkan pentingnya informasi itu, yaitu jam, hari dan waktu assembly.
Read the text to answer questions 4 and 5.
Santi,
Our plan to visit our friends who suffer from Merapi eruption is cancelled. The weather is not good to fly. I will let you know later.
Sari
Indikator : Menentukan informasi rinci teks fungsional pendek
Indikator soal : Diberikan pesan singkat tertulis, siswa dapat menentukaninformasi rincinya.
Soal :
4. From the text we know that …
A. Santi and Sari go to Merapi.
B. Sari suffers from Merapi eruption.
C. Merapi’s weather is fine.
D. Sari and Santi cancell their visit.
Kunci jawaban :D
Pembahasan :
Teks pesan singkat tersebut menginformasikan penundaan kepergian ke temannya, hal ini dapat dilihat pada kalimat ‘our plan to visit our friends who suffer from Merapi erruption is cancelled’.
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal : Diberikan teks pesan singkat, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan informasi tersirat dengan tepat.
Soal:
5. How are Santi and Sari going to visit their friends?
A. By bus
B. By ship
C. By train
D. By plane
Kunci jawaban : D
Pembahasan :
Kalimat ‘the weather is not good to fly’, menunjukkan mereka akan pergi dengan naik pesawat.
Read the text to answer questions 6 and 7.
Mr. and Mrs. Samuel Hansen
request the company of
Mr. and Mrs. Ben Johnson Brown
on the occasion of their
25th Wedding Anniversary
on Saturday 28 May at 8. p.m.
Taman Orchid Indah Block 2 D No. 4
Cengkareng Jakarta Barat
R.S.V.P: Windy (02154390231)
Indikator : Menentukan informasi tertentu
Indikator soal : Disajikan teks undangan, siswa depat menentukan jawaban
informasi tertentu dengan tepat.
Soal:
6. Who will celebrate the wedding anniversary?
A. Windy
B. Mr. and Mrs. Brown
C. Mr. and Mrs. Hansen
D. The company
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Dari undangan tersebut jelas yang merayakan ulang tahun pernikahan adalah Mr. and Mrs. Hansen.
Indikator : Menentukan tujuan komunikatif teks.
Indikator soal : Disajikan teks undangan yang sama, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif penulisan dengan tepat.
Soal:
7. Whatis the text written for?
A. To invite somebody to a party
B. To celebrate a wedding anniversary
C. To inform the marriage of Mr. and Mrs. Hansen
D. To give direction for Taman Orchid Indah Block 2D
Kunci jawaban : A
Pembahasan :
Teks tersebut adalah teks undangan, maka tujuan komunikatif dari penulisan teks tersebut adalah A.
Read the text to answer questions 8 and9.
ANNOUNCEMENT
To : All students of SMP Bahagia Semarang.
To celebrate the National Education Day,Students body will hold some interesting programs such as English Speech Contest, Debate, and Class Wall Magazine Competition.
When: May 2, 2012 8 am onwards.
Where: School hall
Registration: Mr.Andi, the coordinator of this program.
Indikator : Menentukan gambaran umum teks
Indikator soal : Diberikan sebuah teks pengumuman, siswa dapat menentukan
gambaran umum teks tersebut.
Soal:
8. What does the text announce?
A. A Student Organization
B. An English Speech Contest
C. A National Day Celebration
D. A National Education Day ceremony
Kunci jawaban :D
Pembahasan :
Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat dilihat pada kalimat pertama, jadi topik dari penguman tersebut tentang National Education Day Ceremony
Indikator : Menentukan informasi rinci tersirat
Indikator soal : Diberikan teks pengumuman yang sama, siswa dapat
menentukan informasi rinci tersirat dari teks tersebut dengan tepat.
Soal:
9. Based on the text we can say that ...
A. the programs will last for 4 hours.
B. the programs will be held in the morning.
C. two competitions will be held.
D. Mr.Andi is the organizerof the programs.
Kunci jawaan : D
Pembahasan :
Pada kalimat terakhir jelas bahwa koordinator program adalah Mr. Andi.
Read the text to answer questions 10 to 12.
Indikator : Menentukan gambaran umum teks
Indikator soal : Diberikan iklan tentang makanan, siswa dapat menentukan
gambaran umum isinya.
Soal:
10. The text above is a … advertisement.
A. food
B. drink
C. school
D. classroom
Kunci jawaan : A
Pembahasan :
kata kunci dalam iklan adalah “lunches” yang berarti makan siang. Jadi pilihan yang tepat adalah food ads.
Indikator : Menentukan informasi rinci
Indikator soal : Diberikan iklan tentang makanan, siswa dapat menentukan
gambaran umum teks.
Soal:
11. Classroom Cuisine is…
A. a kind of lunch.
B. a catering company.
C. person’s name.
D. the school’s name.
Kunci jawaan : B
Pembahasan :
kata kunci dalam iklan adalah “delivered, order, customer friendly website” yang menunjukkan bahwa itu adalah perusahaan catering.
Indikator : Menentukan informasi rinci
Indikator soal : Diberikan iklan tentang makanan, siswa dapat menentukan
informasi rinci.
Soal:
12. Parents can orderlunch…
A. online.
B. by phone.
C. by going to school.
D. by delivery.
Kunci jawaan : A
Pembahasan :
kata kunci dalam iklan adalah “orders are received by our customer friendly website”. Jadi harus memesan online.
Read the text to answer questions 13 to 15.
Edinburgh, 19 November 2011
Dear John,
I told you that I was going to England, but actually I was heading for Scotland. I applied for a job and I went for an interview yesterday. The manager and the factory supervisor interviewed me. At first I found it difficult to understand them but I managed to answer all their questions. I’ll know on Friday before I return whether I get the job or not.
Tomorrow I plan to go to the National Museum of Scotland, the Palace of Holy Roodhouse, the Queen’s residence when she’s in Scotland.I’m going to spent a few more days here enjoying the city which I hope will become my home for the next few years.
I’ll ring you when I hear something about my job on Friday.
Bye,
Peter
Indikator : Menentukan informasi tertentu
Indikator soal : Disajikan sebuah surat, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan informasi tertentu tentang teks dengan tepat.
Soal:
13. Where is Peter writing the letter from?
A. Edinburgh
B. Scotland
C. England
D. His home
Kunci jawaban : A
Pembahasan :
Jawaban pertanyaan tersebut dapat diketahui dari penulisan tanggal dan tempat, menunjukkan kapan dan dimana ia menulis surat.
Indikator : Menentukan informasi tersirat
Indikator soal : Disajikan sebuah surat yang sama, siswa dapat menentukan
jawaban informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.
Soal:
14. We know that Peter …
A. will call his friend after getting a job.
B. hopes to stay in Edinburgh for a few days.
C. will get the interviewresult on Friday.
D. will go to see National Museum in Edinburgh.
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Jawaban pertanyaan tersebut merupakan kesimpulan dari kalimat terakhir pada paragraf pertama.
Indikator : Menentukan makna kata/frasa dalam teks
Indikator soal : Disajikan kutipan kalimat dari teks dengan salah satu kata/frasa yang digaris bawahi, siswa dapat menentukan makna kata tersebut dengan tepat.
Soal:
15. The word “heading” in “I was heading for Scotland” could be replaced with...
A. living in.
B. going to.
C. staying in.
D. moving to.
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Secara kontekstual makna yang tepat kata tersebut adalah staying in.
Read the text to answer question 16
Indikator : Menentukan gambaran umum teks
Indikator soal : Disajikan kutipan kalimat dari notice di sekolah, siswa dapat
menentukan gambaran umum teks itu dengan tepat.
Soal:
16. What does the text remind us about?
A. Being sure about books
B. Returning library books
C. When to return all library books
D. Where to return the library books
Kunci jawaban : C
Pembahasan : kata kunci “before the end of Term 2”.
Read the text to answer questions 17 to 21
If you are a sports fan, you are sure to know the name Michael Jordan. He is probably the greatest basketball player the world has ever seen. Although his career as a player is over, his fame will live on for many years to come.
Michael Jordan certainly looks like a star. He is tall, well-built and handsome, with friendly brown eyes and a wide grin. He always manages to look well-dressed, even in his casual clothes or smart suits.
His personality, too, is as outstanding as his playing ability. Michael is a very determined person. This has made him a successful basketball star. He has given lots of money and support to charities.
All in all, Michael Jordan is not only a great athlete, but also a warm, caring person. Is it no wonder that so many boys have dreamed of growing up to be just like him?
Indikator : Menentukan gambaran umum isi teks
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal, siswa dapat
menentukan judul teks itu dengan tepat.
Soal:
17. The best title for the text is…
A. a warm, caring person.
B. Michael Jordan.
C. a sports fan.
D. a famous star.
Kunci jawaban : B
Pembahasan :
Kata “Michael Jordan” disebut di paragraph 1 sebagai topik dari text tersebut sehingga judul yang paling tepat adalah B.
Indikator : Menentukan informasi rincitersirat.
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal yang sama,
siswa dapat menentukan alasan ketenaran orang yg dideskripsikan.
Soal:
18. Why is he famous?
A. He is handsome.
B. He gives charity.
C. Sports fans know him.
D. The author admires him.
Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Kalimat “if you are sports fan, you are sure to know him” menunjukkan bahwa semua orang mengenal dia.
Indikator : Menentukan pikiran utama paragraf
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal, siswa dapat
menentukan pikiran utama paragraph tertentu.
Soal:
19. What is the main idea of the third paragraph?
A. Michael Jordan is handsome.
B. Everyone dreams to be Michael Jordan.
C. His playing ability is great.
D. Michael Jordan has great personality.
Kunci jawaban : D
Pembahasan :
kata personality ada di awal paragraf sebagai topic sentence, yang sekaligus main idea.
Indikator : Menentukan makna kata/frasa
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal, siswa dapat
menentukan sinonim sebuah kata yang dipilihkan.
Soal:
20. The wordoutstanding in “His personality, too, is as outstanding as his playing ability” means…
A. great.
B. warm.
C. famous.
D. determined.
Kunci jawaban : A
Pembahasan :
kalimat “He is probably the greatest basketball player the world has ever seen” menunjukkan great playing ability.
Indikator : Menentukan informasi rinci tersirat
Indikator soal : Disajikan teks deskriptif tentang orang terkenal, siswa dapat
menentukaninformasi rinci tersirat di dalam terks tersebut.
0 Komentar untuk "PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS SMP/MTS 2016 DAN PEMBAHASANNYA"