1. Salah satu fungsi dari hikayat adalah sebagai pembangkit nilai-nilai ...
a. Belajar
b. Kemanusiaan
c. semangat hidup
d. rasa keTuhanan
e. semangatjuang
2. Kayam dalam novelnya Para Priyayi telah memberikan kesempatan kepada kita untuk ikut memberikan apresiasi dan tafsiran sesuai dengan kemampuan kita. Dia tidak memaksakan pendapatnya kepada pembaca. Karena sosok dan makna priyayi bagi kita tidak sama persis seperti digambarkan Kayam. Oleh sebab itu, dia memberi ruang kepada kita para pembaca untuk menafsirkan. Bukankah karya sastra itu dikatakan baik bila mampu mendorong lahirnya berbagai tafsiran dan makna baru.
Kalimat resensi yang mengungkapkan keunggulan novel sesuai isi paragraf adalah ...
a. Kayam dikenal sebagai sastrawan yang tidak mau memaksakan kehendaknya kepada para pembaca
b. Makna priyayi dalam novel ini mengundang berbagai penafsiran pembaca sehingga si pembaca bebas memaknai sendiri.
c. Sosok dan makna priyayi tidak dijelaskan sehingga pembaca tidak mampu memaknainya, tidak menjadi masalah.
d. Kayam menafsirkan berbagai hak untuk makna priyayi sehingga pembaca banyak mendapatkan ilmu pengetahuan
e. Makna priyayi diungkapkan secara jelas dan gamblang kepada pembaca sehingga pembaca mampu menangkap tafsirannya.
3. Paling tidak, ada tiga manfaat buku ini bagi pembaca. Pertama, orang yang tidak sempat membaca novel aslinya sedikit banyak dapat mengetahui isi novel tertentu. Kedua, dengan membaca buku ini, orang akan memperoleh gambaran ringkas, tetapi menyeluruh tentang novel Indonesia selama ini. Ketiga, dengan membaca buku ini, diharapkan orang akan terpacu untuk membaca novel aslinya. Buku ini niscaya amat penting bagi pelajar SMP dan SMA, mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia, Para pengamat, dan penikmat sastra.
Uraian di atas merupakan resensi dari seluruh buku ...
a. fiksi
b. uknuag
c. non fiksi
d. notifikasi
e. ulasan
f. kritik
4. Resensi Buku
Judul Buku : Jalan TakAda Ujung (Roman)
Pengaran : Mochtar Lubis
Penerbit : Pustaka Jaya, Jakarta. '971. 140 halaman
Buku ini pernah mencfapat pencka•caan dari Badan Musyawarah Kebudayaan Nasional karenadinilai sebagai roman terb.aik pada tahun 1952. roman ini bercerita tentang masa revolusi antara tahun 1946 - 1947, dengan tokoh utamanya Guru Isa yang selamanya dicengkeram rasa ketakutan.
Unsur resensi yang terdapat pada penggalan di atas adalah ...
a. jenis buku, kesimpulan
b. identitas buku
c. identitas buku, jenis buku
d. jenis buku, penilaian
e. identitas buku, penilaian
5. Dalam sebuah resensi buku akan kita dapatkan ...
a. biografi resensator
b. sebuah detail kritik
c. perkenalan buku
d. rincian permasalahan
e. biografi penulis buku lengkap
6. Betapa apiknya Mangunwijaya menelusuri latar keturunan tokoh Atik. Ayahnya, pakAnsana adalah pecinta alam. Maka, tidak mengherar.Kan apabila anaknya Larasati kemudian menjadi ahli biologi Atik senang buku, isi satu dengan buku.la membuat karirnya dengan buku. Keistimewaan Mangunwijaya lagi, bahwa is menampiikan penutur-penutur sesuai dengan tingkat dan lingkungannya.
Masalah yang disorot dalam penggala' resensi novel di atas adalah...
a. Pemaparan keturunan tokoh Atik
b. Kepandaian Mangunwijaya dalam menuturkan cerita
c. Latar belakang kehidupan sosokAik
d. Cara Mangunwijaya bercerita dalam novel
e. Kelebihan pengarang dalam menccambarkan latar
7. Apakah saya menganjurkan sikap optimis yang berlebihan terhadap semua masalah? Tidak jugs. Hidup terlalu rumit untuk dihadap+ dengan sikap optimis seperti tokoh Pollyana dalam buku Pollyana karya Elleanor Porter. Tapi saya arnat menganjurkan, bersikap positif itu lebih balk daripada bersikap negatif.
Kalimat persuasif yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah ...
a. Apakah saya menganjurkan strap optimis yang berlebihan terhadap semua masalah.
b. Hidup rumit untuk dihadapi dengan sikap optimis yang naif.
c. Sikap optimis yang naif terdapat dalam buku Pollyana karya Elleanor Porter
d. Isi buku Pollyana karya Elleanor Porter
e. Tapi saya amat menganjukan, bersikap positif itu lebih balk daripada bersikap negatif.
8. Tidak ada langit seperti yang kita temui, sehari-hari di bumf. Di bulan hanya ada warna hitam pekat diatas kepala kita. Warna hitam itu bercahaya benderang Mika ada matahari. Tidak ada satu tanda kehidupan apapun di sana. Tempat kami mendarat dikelilingi tiga gunung yang tingginya 5.000 meter. Bacaan tersebut berbentuk deskripsi karena ...
a. menjelaskan kepekatan dan kegelapan di bulan
b. mengajak pembaca untuk selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah mem6eri kebahagiaanmanusia.
c. menjelaskan kehidupan di angkasa yang pekat
d. menceritakan peristiwa pendaratan secara kronologis
e. menggambarkan keadaan bulan
9. Sudah beberapa hari ibunya sakit. Ayahnya yang dinanti-nantikan dari Samarinda untuk menjagaibunya belum juga datang. Adik-adiknya masih kecil, belum bisa menjaga ibunya. Terpaksa ia tidakmasuk sekolah untuk menjaga ibunya. Paragraf di atas menggunakan pola..
a. proses
b. analogi
c. sebab-akibat
d. akibat-sebab
e. generalisasi
10. 1) Terutama penyaluran dan pemasaran sebagian besar hasil produksi
2) Swasta hanya menyalurkan sebagian kecil
3) Masalah yang kita hadapi sebenarnya adalah penyaluran dan pemasaran produksi gula
4) Sekarang yang melakukan penyaluran dan pemasaran dalam jumlah besar adalah Bulog
5) Supaya produksi semakin meningkat, penyaluran clan pemasaran harus tetap
dilaksanakan
Jika kalimat-kalimat di atas disusun menjadi paragraf dengan pengembangan deduktif, urutan yang tepat adalah ...
a. 5, 4,2,1, 3 d. 3,5, 4,1,2
b. 1,3,2,4,5 e.2,1,4,5,3
c. 2,1,4,3,4
11. Setiap tahun di sekolah saya diadakan perkenalan bersama (Pertama) dari berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini sudah disusun dalam program kerja OSIS. Panitia yang terbentuk akan merencanakan kegiatan tersebut tanggal 4 s.d. 15 September 2005 di Perkemahan Cidahu, Sukabumi. Untuk itu, panitia menyusun proposal.
Kalimat yang cocok sebagai latar belakang pelaksanaan kegiatan dalam penulisan proposal sesuai dengan ilustrasi tersebut ialah ...
a. Kegiatan ini akan berlangsung 4 s.d 15 September 2005.
b. Setiap tahun sekolah telah mengadakan perkenalan bersama (Pertama) dari berbagai kegiatan ekstrakurikuler.
c. Dalam rangka kegiatan tersebut panitia harus segera menyusun proposal
d. Kegiatan tersebut telah disusun dalam program kerja OSIS
e. Tempat kegiatan itu sebaiknya di Perkemahan Cidahu, Sukabumi
12. Sejalan dengan pembahasan tentang pola retorika, Wahab (1991: 39) menjelaskan bahwa bentuk retorika dilandasi oleh logika yang muncul dalam setiap budaya. Karena itu, retorika suatu budaya berbeda dengan retorika budaya yang lain. Dengan mengutip pendapat Kaplan, Wahab mengemukakan model-model retorika, meliputi (a) retorika model Anglo-Saxon, (b) retorika model Semitik (Arab Persia), (c) retorika model Asia, (d) retorika model Franco-Italian, dan (e) retorika model Stanik. Pada bagian kesimpulan artikel yang berjudul "Cerminan Budaya dalam Bahasa: Kamus Retorika Indonesia, "Wahab mengemukakan temuan penelitiannya bahwa retorika Indonesia menggunakan pencampuradukan bentuk.
Dalam karya ilmiah, kutipan di atas merupakan penggalan dari bagian ...
a. pendahuluan d.Kesimpulan
b. hasil analisis e.kerangka teori
c. pembahasan
13. Suasana : Adegan terjadi malam hari di suatu ruangan
(Bu As sedang membuka-buka brosur wisata ke luar negeri)
Pak Hanafi : (dalam hati : "Dasar orang miskin, bisanya cuma mimpi) Emangnya, kalau sudah buka-buka brosur begitu, lantas sudah merasa berada di luar negeri ...?" (Calon menantu duduk di samping Pak Hanafi)
Calon menantu : "Ibu mau pergi ke mana untuk merayakan Tahun Baru?"
Bu As : "Lha ini, aku sedang bingung. Pokoknya tahun ini aku harus ke Iuar dari orbit ibu-ibu kompleks sini. Sudah bosan merayakan Tahun Baru dengan mereka. Perayaan Tahun Barunya tidak mengesankan. Hanya bakar sate, lantas apa lagi ... goreng singkong. Nggak berkesan!"
Dari paparan dan topik pembicaraannya, kita dapat mengetahui bahwa kutipan tersebut diambil dari naskah drama pada tingkat alur ...
a. introduksi d. Antiklimaks
b. konflikasi e. konklusi.
c. klimaks
14. Perwatakan dalam drama selain melalui dialog dapat dibantu oleh ...
a. setting dan alur d. setting dan kostum serta alur
b. kostum dan tats rias e. tata rias, setting, alur
c. kostum dan alur
15. Karnasih : Tetapi (sambil mengeluarkan sebuah rol kertas dari dalam tasnya), Mas lupa kepada
keadilan Tuhan? Dan ini, apa? (memberikannya kepada Irwan)
Irwan : Tetapi dari mana kau dapat ini?
Karnasih : (Pasti)Aku curl dari laci ayah kemarin sore. Karena :u ayah marah-marah saja kemarin!
Irwan : (diam sejurus, kemudian tersenyum) Lihatlah fajar yang merah itu sebagai di sana ada
unggun api
Kamasih : Ya, api! Api membakar kejahatan!
Irwan : Api penjerang semangat berjuang. Api alat penerang Tuhan! Api! (mereka berdua seolah-olah terpesona)
Dimerisi drama yang tidak terdapat dalam penggalan di atas adalah ...
a. sastra d.penokohan
b. gerak e.pentas
c. ujaran
16. Singkatan yang biasa dipakai pada catatan kaki untuk menyatakan bahwa kutipan yang dipakai Lew dikutip sebelumnya dan telah diselingi sumber lain adalah
a. Et. Seq d.Et. Seq
b. Ibid e.Op. Cit
c. Loc. Cit
17. Idris duduk di atas kursi rotan, menatap ke jalan raya. Punggungnya kena sinar lampu dalam yang menembus jendela kaca yang dihiasi tirai tipis. Pemuda itu telah meningglkan jejak hidup dengan cukup pengabdian pada perjuangan kemerdekaan. Dia pernah ikut bertempur di daerah Depol lalu disambungnya dengan mempertahankan kemerdekaan melawan tetntara sekutu di daerah bogor dan sukabumi. Dia pernah mengawal beberapa tokoh politik dari daerah tersebut ke Yograkarta melalui pengalaman yang istimewa menimpa dirinya.(Rayon Revolusi Muchtra Lubis)
Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam kutipan novel tersebut adalah ...
a. orang pertama sebagai tokoh utama d.orang ketiga serba tahu
b. orang pertama sebagai pengamat e.orang ketiga terarah
c. orang pertama dan orang ketiga
18. Perwatakan yang ditampilkan dalam diri tokoh-tokoh sangat hidup, seperti tokoh Monang merupakan perwujudan sifat-sifat yang dimiliki oleh banyak pria. Begitu pula dengan tokoh Manen, karakter yang dimilikinya sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Si penulis juga mampu mengetengahkan tokoh-tokoh lain yang dapat memperkuat karakter tokoh utamanya
Unsur intrinsik dalam cuplikan resensi tersebut ialah ...
a. alur d.tema
b.penokohan e.gaya bahasa
c.amanat
19. Maka segera diusirnya, akan Laksamanapun undur sambil memarang, tetapi melihat ke belakang tempat bertahan. Maka dengan takdir Allah Taala, Laksamana pun bertemu dengan suatu lorong pagar batu kiri kanan luasnya untuk jalan seorang juga. Hatta Laksamana pun segera menghunus keris panjangnya, lalu melompat ke dalam lorong itu bertahan. Maka prajurit tujuh puluh itu pun berlari-lari masuk ke dalam lorong itu.
Nilai-nilrai yang tampak pada cuplikan hikayat di atas adalah ...
a. kepahlawanan d.kebersamaan
b. keberanian e.egoisme
c. keserakahan
20. Pernyataan di bawah ini yang tidak benar adalah ...
a. dalam cerita terjemahan konflik tidak terlalu banyak
b. konflik merupakan intisari dari alur cerita
c. cerita berkembang karena adanya konflik
d. konflik yang dialami tokoh dalam karya sastra terjemah beragam
e. konflik dalam karya sastra terjemahan terdiri atas konflik melawan alam, konflik antar manusiadan konflik batin.
a. Belajar
b. Kemanusiaan
c. semangat hidup
d. rasa keTuhanan
e. semangatjuang
2. Kayam dalam novelnya Para Priyayi telah memberikan kesempatan kepada kita untuk ikut memberikan apresiasi dan tafsiran sesuai dengan kemampuan kita. Dia tidak memaksakan pendapatnya kepada pembaca. Karena sosok dan makna priyayi bagi kita tidak sama persis seperti digambarkan Kayam. Oleh sebab itu, dia memberi ruang kepada kita para pembaca untuk menafsirkan. Bukankah karya sastra itu dikatakan baik bila mampu mendorong lahirnya berbagai tafsiran dan makna baru.
Kalimat resensi yang mengungkapkan keunggulan novel sesuai isi paragraf adalah ...
a. Kayam dikenal sebagai sastrawan yang tidak mau memaksakan kehendaknya kepada para pembaca
b. Makna priyayi dalam novel ini mengundang berbagai penafsiran pembaca sehingga si pembaca bebas memaknai sendiri.
c. Sosok dan makna priyayi tidak dijelaskan sehingga pembaca tidak mampu memaknainya, tidak menjadi masalah.
d. Kayam menafsirkan berbagai hak untuk makna priyayi sehingga pembaca banyak mendapatkan ilmu pengetahuan
e. Makna priyayi diungkapkan secara jelas dan gamblang kepada pembaca sehingga pembaca mampu menangkap tafsirannya.
3. Paling tidak, ada tiga manfaat buku ini bagi pembaca. Pertama, orang yang tidak sempat membaca novel aslinya sedikit banyak dapat mengetahui isi novel tertentu. Kedua, dengan membaca buku ini, orang akan memperoleh gambaran ringkas, tetapi menyeluruh tentang novel Indonesia selama ini. Ketiga, dengan membaca buku ini, diharapkan orang akan terpacu untuk membaca novel aslinya. Buku ini niscaya amat penting bagi pelajar SMP dan SMA, mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia, Para pengamat, dan penikmat sastra.
Uraian di atas merupakan resensi dari seluruh buku ...
a. fiksi
b. uknuag
c. non fiksi
d. notifikasi
e. ulasan
f. kritik
4. Resensi Buku
Judul Buku : Jalan TakAda Ujung (Roman)
Pengaran : Mochtar Lubis
Penerbit : Pustaka Jaya, Jakarta. '971. 140 halaman
Buku ini pernah mencfapat pencka•caan dari Badan Musyawarah Kebudayaan Nasional karenadinilai sebagai roman terb.aik pada tahun 1952. roman ini bercerita tentang masa revolusi antara tahun 1946 - 1947, dengan tokoh utamanya Guru Isa yang selamanya dicengkeram rasa ketakutan.
Unsur resensi yang terdapat pada penggalan di atas adalah ...
a. jenis buku, kesimpulan
b. identitas buku
c. identitas buku, jenis buku
d. jenis buku, penilaian
e. identitas buku, penilaian
5. Dalam sebuah resensi buku akan kita dapatkan ...
a. biografi resensator
b. sebuah detail kritik
c. perkenalan buku
d. rincian permasalahan
e. biografi penulis buku lengkap
6. Betapa apiknya Mangunwijaya menelusuri latar keturunan tokoh Atik. Ayahnya, pakAnsana adalah pecinta alam. Maka, tidak mengherar.Kan apabila anaknya Larasati kemudian menjadi ahli biologi Atik senang buku, isi satu dengan buku.la membuat karirnya dengan buku. Keistimewaan Mangunwijaya lagi, bahwa is menampiikan penutur-penutur sesuai dengan tingkat dan lingkungannya.
Masalah yang disorot dalam penggala' resensi novel di atas adalah...
a. Pemaparan keturunan tokoh Atik
b. Kepandaian Mangunwijaya dalam menuturkan cerita
c. Latar belakang kehidupan sosokAik
d. Cara Mangunwijaya bercerita dalam novel
e. Kelebihan pengarang dalam menccambarkan latar
7. Apakah saya menganjurkan sikap optimis yang berlebihan terhadap semua masalah? Tidak jugs. Hidup terlalu rumit untuk dihadap+ dengan sikap optimis seperti tokoh Pollyana dalam buku Pollyana karya Elleanor Porter. Tapi saya arnat menganjurkan, bersikap positif itu lebih balk daripada bersikap negatif.
Kalimat persuasif yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah ...
a. Apakah saya menganjurkan strap optimis yang berlebihan terhadap semua masalah.
b. Hidup rumit untuk dihadapi dengan sikap optimis yang naif.
c. Sikap optimis yang naif terdapat dalam buku Pollyana karya Elleanor Porter
d. Isi buku Pollyana karya Elleanor Porter
e. Tapi saya amat menganjukan, bersikap positif itu lebih balk daripada bersikap negatif.
8. Tidak ada langit seperti yang kita temui, sehari-hari di bumf. Di bulan hanya ada warna hitam pekat diatas kepala kita. Warna hitam itu bercahaya benderang Mika ada matahari. Tidak ada satu tanda kehidupan apapun di sana. Tempat kami mendarat dikelilingi tiga gunung yang tingginya 5.000 meter. Bacaan tersebut berbentuk deskripsi karena ...
a. menjelaskan kepekatan dan kegelapan di bulan
b. mengajak pembaca untuk selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah mem6eri kebahagiaanmanusia.
c. menjelaskan kehidupan di angkasa yang pekat
d. menceritakan peristiwa pendaratan secara kronologis
e. menggambarkan keadaan bulan
9. Sudah beberapa hari ibunya sakit. Ayahnya yang dinanti-nantikan dari Samarinda untuk menjagaibunya belum juga datang. Adik-adiknya masih kecil, belum bisa menjaga ibunya. Terpaksa ia tidakmasuk sekolah untuk menjaga ibunya. Paragraf di atas menggunakan pola..
a. proses
b. analogi
c. sebab-akibat
d. akibat-sebab
e. generalisasi
10. 1) Terutama penyaluran dan pemasaran sebagian besar hasil produksi
2) Swasta hanya menyalurkan sebagian kecil
3) Masalah yang kita hadapi sebenarnya adalah penyaluran dan pemasaran produksi gula
4) Sekarang yang melakukan penyaluran dan pemasaran dalam jumlah besar adalah Bulog
5) Supaya produksi semakin meningkat, penyaluran clan pemasaran harus tetap
dilaksanakan
Jika kalimat-kalimat di atas disusun menjadi paragraf dengan pengembangan deduktif, urutan yang tepat adalah ...
a. 5, 4,2,1, 3 d. 3,5, 4,1,2
b. 1,3,2,4,5 e.2,1,4,5,3
c. 2,1,4,3,4
11. Setiap tahun di sekolah saya diadakan perkenalan bersama (Pertama) dari berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini sudah disusun dalam program kerja OSIS. Panitia yang terbentuk akan merencanakan kegiatan tersebut tanggal 4 s.d. 15 September 2005 di Perkemahan Cidahu, Sukabumi. Untuk itu, panitia menyusun proposal.
Kalimat yang cocok sebagai latar belakang pelaksanaan kegiatan dalam penulisan proposal sesuai dengan ilustrasi tersebut ialah ...
a. Kegiatan ini akan berlangsung 4 s.d 15 September 2005.
b. Setiap tahun sekolah telah mengadakan perkenalan bersama (Pertama) dari berbagai kegiatan ekstrakurikuler.
c. Dalam rangka kegiatan tersebut panitia harus segera menyusun proposal
d. Kegiatan tersebut telah disusun dalam program kerja OSIS
e. Tempat kegiatan itu sebaiknya di Perkemahan Cidahu, Sukabumi
12. Sejalan dengan pembahasan tentang pola retorika, Wahab (1991: 39) menjelaskan bahwa bentuk retorika dilandasi oleh logika yang muncul dalam setiap budaya. Karena itu, retorika suatu budaya berbeda dengan retorika budaya yang lain. Dengan mengutip pendapat Kaplan, Wahab mengemukakan model-model retorika, meliputi (a) retorika model Anglo-Saxon, (b) retorika model Semitik (Arab Persia), (c) retorika model Asia, (d) retorika model Franco-Italian, dan (e) retorika model Stanik. Pada bagian kesimpulan artikel yang berjudul "Cerminan Budaya dalam Bahasa: Kamus Retorika Indonesia, "Wahab mengemukakan temuan penelitiannya bahwa retorika Indonesia menggunakan pencampuradukan bentuk.
Dalam karya ilmiah, kutipan di atas merupakan penggalan dari bagian ...
a. pendahuluan d.Kesimpulan
b. hasil analisis e.kerangka teori
c. pembahasan
13. Suasana : Adegan terjadi malam hari di suatu ruangan
(Bu As sedang membuka-buka brosur wisata ke luar negeri)
Pak Hanafi : (dalam hati : "Dasar orang miskin, bisanya cuma mimpi) Emangnya, kalau sudah buka-buka brosur begitu, lantas sudah merasa berada di luar negeri ...?" (Calon menantu duduk di samping Pak Hanafi)
Calon menantu : "Ibu mau pergi ke mana untuk merayakan Tahun Baru?"
Bu As : "Lha ini, aku sedang bingung. Pokoknya tahun ini aku harus ke Iuar dari orbit ibu-ibu kompleks sini. Sudah bosan merayakan Tahun Baru dengan mereka. Perayaan Tahun Barunya tidak mengesankan. Hanya bakar sate, lantas apa lagi ... goreng singkong. Nggak berkesan!"
Dari paparan dan topik pembicaraannya, kita dapat mengetahui bahwa kutipan tersebut diambil dari naskah drama pada tingkat alur ...
a. introduksi d. Antiklimaks
b. konflikasi e. konklusi.
c. klimaks
14. Perwatakan dalam drama selain melalui dialog dapat dibantu oleh ...
a. setting dan alur d. setting dan kostum serta alur
b. kostum dan tats rias e. tata rias, setting, alur
c. kostum dan alur
15. Karnasih : Tetapi (sambil mengeluarkan sebuah rol kertas dari dalam tasnya), Mas lupa kepada
keadilan Tuhan? Dan ini, apa? (memberikannya kepada Irwan)
Irwan : Tetapi dari mana kau dapat ini?
Karnasih : (Pasti)Aku curl dari laci ayah kemarin sore. Karena :u ayah marah-marah saja kemarin!
Irwan : (diam sejurus, kemudian tersenyum) Lihatlah fajar yang merah itu sebagai di sana ada
unggun api
Kamasih : Ya, api! Api membakar kejahatan!
Irwan : Api penjerang semangat berjuang. Api alat penerang Tuhan! Api! (mereka berdua seolah-olah terpesona)
Dimerisi drama yang tidak terdapat dalam penggalan di atas adalah ...
a. sastra d.penokohan
b. gerak e.pentas
c. ujaran
16. Singkatan yang biasa dipakai pada catatan kaki untuk menyatakan bahwa kutipan yang dipakai Lew dikutip sebelumnya dan telah diselingi sumber lain adalah
a. Et. Seq d.Et. Seq
b. Ibid e.Op. Cit
c. Loc. Cit
17. Idris duduk di atas kursi rotan, menatap ke jalan raya. Punggungnya kena sinar lampu dalam yang menembus jendela kaca yang dihiasi tirai tipis. Pemuda itu telah meningglkan jejak hidup dengan cukup pengabdian pada perjuangan kemerdekaan. Dia pernah ikut bertempur di daerah Depol lalu disambungnya dengan mempertahankan kemerdekaan melawan tetntara sekutu di daerah bogor dan sukabumi. Dia pernah mengawal beberapa tokoh politik dari daerah tersebut ke Yograkarta melalui pengalaman yang istimewa menimpa dirinya.(Rayon Revolusi Muchtra Lubis)
Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam kutipan novel tersebut adalah ...
a. orang pertama sebagai tokoh utama d.orang ketiga serba tahu
b. orang pertama sebagai pengamat e.orang ketiga terarah
c. orang pertama dan orang ketiga
18. Perwatakan yang ditampilkan dalam diri tokoh-tokoh sangat hidup, seperti tokoh Monang merupakan perwujudan sifat-sifat yang dimiliki oleh banyak pria. Begitu pula dengan tokoh Manen, karakter yang dimilikinya sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Si penulis juga mampu mengetengahkan tokoh-tokoh lain yang dapat memperkuat karakter tokoh utamanya
Unsur intrinsik dalam cuplikan resensi tersebut ialah ...
a. alur d.tema
b.penokohan e.gaya bahasa
c.amanat
19. Maka segera diusirnya, akan Laksamanapun undur sambil memarang, tetapi melihat ke belakang tempat bertahan. Maka dengan takdir Allah Taala, Laksamana pun bertemu dengan suatu lorong pagar batu kiri kanan luasnya untuk jalan seorang juga. Hatta Laksamana pun segera menghunus keris panjangnya, lalu melompat ke dalam lorong itu bertahan. Maka prajurit tujuh puluh itu pun berlari-lari masuk ke dalam lorong itu.
Nilai-nilrai yang tampak pada cuplikan hikayat di atas adalah ...
a. kepahlawanan d.kebersamaan
b. keberanian e.egoisme
c. keserakahan
20. Pernyataan di bawah ini yang tidak benar adalah ...
a. dalam cerita terjemahan konflik tidak terlalu banyak
b. konflik merupakan intisari dari alur cerita
c. cerita berkembang karena adanya konflik
d. konflik yang dialami tokoh dalam karya sastra terjemah beragam
e. konflik dalam karya sastra terjemahan terdiri atas konflik melawan alam, konflik antar manusiadan konflik batin.
0 Komentar untuk "SOAL SEMESTER KELAS VIII MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PAKET 3"