16. Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan danmengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan criteria yang ditetapkan adalahpenilaian:
a. projekb. kinerjac. produkd. portofolioe. non tes
17. Validitas dalam penyusunan instrumen non tes yang mengacu berdasarkan teoriadalah:
a. validitas isib. validitas prediktifc. validitas konstruktif d. Validitas soal. e. Validitas kunci.
18. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa:
a. stándar kompetensib. kompetensi dasarc. standar kompetensi kelulusan
d. indikator-indikator kompetensi dasare. kompetensi komperhensip
19. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yangdiukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
a. adilb. obyektifc. validd. sistematise. akuntabel
20. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur,maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adilb. obyektifc. validd. sistematise. akuntabel
21. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikutilangkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adilb. obyektifc. validd. sistematise. akuntabel
22. Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:
a. tes tertulisb. tes lisanc. tes kinerjad. jurnale. portofolio
23. Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimilikipeserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara langsungadalah salah satu kelebihan dari teknik penilaian;
a. tes tertulisb. tes lisanc. tes perbuatand. wawancarae. portofolio
24. Materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lainadalah hal penting dalam membuat soal berdasarkan kriteria:
a. SK KD b. Indikator c. Tujuan pembelajaran d. Materi pelajaran e. Sumber belajar.
25. Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalahpertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal berdasarkan kriteria:
a. urgensib. kontinuitasc. relevansid. keterpakaiane. kompleksitas
26. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermaknatidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soalpilihan ganda berdasarkan kaidah:a. materib. konstruksic. bahasad. etikae. kejelasan
27. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara
penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahapakhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalahpenilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. kinerjab. produkc. penugasand. lisane. wawancara
28. kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan danpengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat diukur melalui:toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuranadalah definisi operasional dari:
a. minat belajarb. sikap belajarc. motivasi berprestasid. stress belajare. aktivitas belajar
29. Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikaptermasuk dalam dimensii:
a. kognisi b. kognitif c. psikomotorik d. afektif e. evaluative.
30. KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai
kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:
a. fungsi KKMb. prinsip KKMc. tujuan KKMd. manfaat KKMe. peran KKM
31.Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagaisarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik.Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...
a. tes perbuatanb. teknik wawancarac. observasid. tes simulasie. penilaian fortofolio
32. Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
a. kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
b. menggunakan kata kerja operasional
c. komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
d. materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
e. kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat danproposional
33. Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau
pengecohnya merupakan syarat dari...
a. penyusunan kisi-kisib. penentuan dan penyebaran soal
c. penulisan soal bentuk penilaian kinerjad. penyusunan butir soal tes tertulis
e. perumusan indikator soal
34. Dalam penulisan soal bentuk uraian hal yg sulit dlm menyusun pedomanpenskorannya.Berdasarkanmetodepenskorannya, bentukuraiandiklasifikasikan menjadi 2 yaitu....
a. uraian objektif dan uraian non-objektifb. komunikatif dan inovatif
c. evaluasi dan analisisd. kesimpulan dan pendapate. justifying dan inferring
35. Sebuah penilaian yg meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan danmengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan criteria yang ditetapkan adalah:
a. pilihan ganda b. essay c. tes kinerja d. tes wawancara e. merangkum
36. Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi danmelahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapatini dikemukakan oleh...
a. Cror and Crowb. Grondlundc. Critesd. Thrustonee. Donal Cambell
37. Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut iniadalah...
a. tes tertulisb. tes lisanc. tes kinerjad. jurnale. portofolio
38. Yang merupakan tes kreativitas adalah...
a. tes verbalb. tes lisanc. tes analisisd. tes mengelompokkane. evaluasi
39. Tahap persiapan, tahap proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakanbeberapa aspek yang dinilai dalam penilaian...
a. projectb. productc. performance e Assessmentd. verbale. kinerja
40. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
a.sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikutipenilaian mata pelajaran
b. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap matapelajaran
c. sebagai kontrak pedagogik guru dgn siswaatau satuan pendidikan dgn masyarakat
d. dapat digunakan sebagai evaluasiprogram pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. Sebagai bahan pengambilan keputusan melaluimetode kualitatif atau kuantitatif.
a. projekb. kinerjac. produkd. portofolioe. non tes
17. Validitas dalam penyusunan instrumen non tes yang mengacu berdasarkan teoriadalah:
a. validitas isib. validitas prediktifc. validitas konstruktif d. Validitas soal. e. Validitas kunci.
18. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa:
a. stándar kompetensib. kompetensi dasarc. standar kompetensi kelulusan
d. indikator-indikator kompetensi dasare. kompetensi komperhensip
19. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yangdiukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
a. adilb. obyektifc. validd. sistematise. akuntabel
20. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur,maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adilb. obyektifc. validd. sistematise. akuntabel
21. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikutilangkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adilb. obyektifc. validd. sistematise. akuntabel
22. Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:
a. tes tertulisb. tes lisanc. tes kinerjad. jurnale. portofolio
23. Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimilikipeserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara langsungadalah salah satu kelebihan dari teknik penilaian;
a. tes tertulisb. tes lisanc. tes perbuatand. wawancarae. portofolio
24. Materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lainadalah hal penting dalam membuat soal berdasarkan kriteria:
a. SK KD b. Indikator c. Tujuan pembelajaran d. Materi pelajaran e. Sumber belajar.
25. Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalahpertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal berdasarkan kriteria:
a. urgensib. kontinuitasc. relevansid. keterpakaiane. kompleksitas
26. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermaknatidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soalpilihan ganda berdasarkan kaidah:a. materib. konstruksic. bahasad. etikae. kejelasan
27. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara
penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahapakhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalahpenilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. kinerjab. produkc. penugasand. lisane. wawancara
28. kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan danpengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat diukur melalui:toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuranadalah definisi operasional dari:
a. minat belajarb. sikap belajarc. motivasi berprestasid. stress belajare. aktivitas belajar
29. Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikaptermasuk dalam dimensii:
a. kognisi b. kognitif c. psikomotorik d. afektif e. evaluative.
30. KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai
kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:
a. fungsi KKMb. prinsip KKMc. tujuan KKMd. manfaat KKMe. peran KKM
31.Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagaisarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik.Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...
a. tes perbuatanb. teknik wawancarac. observasid. tes simulasie. penilaian fortofolio
32. Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
a. kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
b. menggunakan kata kerja operasional
c. komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
d. materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
e. kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat danproposional
33. Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau
pengecohnya merupakan syarat dari...
a. penyusunan kisi-kisib. penentuan dan penyebaran soal
c. penulisan soal bentuk penilaian kinerjad. penyusunan butir soal tes tertulis
e. perumusan indikator soal
34. Dalam penulisan soal bentuk uraian hal yg sulit dlm menyusun pedomanpenskorannya.Berdasarkanmetodepenskorannya, bentukuraiandiklasifikasikan menjadi 2 yaitu....
a. uraian objektif dan uraian non-objektifb. komunikatif dan inovatif
c. evaluasi dan analisisd. kesimpulan dan pendapate. justifying dan inferring
35. Sebuah penilaian yg meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan danmengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan criteria yang ditetapkan adalah:
a. pilihan ganda b. essay c. tes kinerja d. tes wawancara e. merangkum
36. Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi danmelahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapatini dikemukakan oleh...
a. Cror and Crowb. Grondlundc. Critesd. Thrustonee. Donal Cambell
37. Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut iniadalah...
a. tes tertulisb. tes lisanc. tes kinerjad. jurnale. portofolio
38. Yang merupakan tes kreativitas adalah...
a. tes verbalb. tes lisanc. tes analisisd. tes mengelompokkane. evaluasi
39. Tahap persiapan, tahap proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakanbeberapa aspek yang dinilai dalam penilaian...
a. projectb. productc. performance e Assessmentd. verbale. kinerja
40. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
a.sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikutipenilaian mata pelajaran
b. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap matapelajaran
c. sebagai kontrak pedagogik guru dgn siswaatau satuan pendidikan dgn masyarakat
d. dapat digunakan sebagai evaluasiprogram pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. Sebagai bahan pengambilan keputusan melaluimetode kualitatif atau kuantitatif.
0 Komentar untuk "SOAL PEDAGOGIK LATIHAN UKG PAKET 2"